Penyesalan Selama Satu Tahun, TKHI 2013

Baru satu hari berselang setelah Final Day TKHI 2013

Iya, perjalanan panjang yang membawa saya pada banyak momen indah

Momen yang penuh pelajaran

Menyatukan kami yang sudah sibuk pada bidangnya masing-masing

Mempertemukan dengan mereka yang membuat kami merasa sangat beruntung

Hampir selama satu tahun ini waktu saya dihabiskan untuk mengemban kewajiban sebagai Project Officer TKHI 2013..

Tapi, bisa dibilang juga kalau banyak penyesalan di dalamnya…

Satu tahun yang penuh dengan penyesalan….

Menyesal karena harus menemukan orang-orang yang sangat luar biasa

Menyesal karena saya tidak bisa mengeluarkan semangat yang sama seperti mereka

Menyesal karena belum bisa memberikan yang terbaik ke mereka

Menyesal karena pada akhirnya harus merasakan bahwa mereka adalah adik-adik yang sangat saya sayangi.

Terdengar berlebihan, tapi inilah penyesalan saya.

Banyak ucapan terima kasih yang harus saya sampaikan ke mereka

Sekaligus permohonan maaf

Terima kasih kalian sudah berhasil membuat kami bangga

Tapi saya sejujurnya selalu bingung ketika ada orang yang mengucapkan selamat ke saya atas pencapaian dan keberhasilan kalian.

Karena saya merasa bahwa selama ini saya tidak pernah memberikan sesuatu yang signifikan ke kalian

Kalian lah dengan kemampuan kalian yang berhasil menunjukkan bahwa kalian merupakan angkatan terbaik dengan hasil yang memuaskan

Jadi saya rasa ucapan selamat itu tidak tepat ditujukan ke saya karena saya tidak pernah merasakan signifikansi kontribusi dan bantuan saya ke kalian

Maaf kalau selama ini saya tidak bisa membantu kalian banyak dalam perjalanan kalian

Tidak bisa membantu selama Gelas Maba, PNMHII, Salam Angkatan, atau momen-momen lainnya

Selama kalian sedang berada dalam kesibukan dan kesulitan saya hanya memberikan bantuan yang tidak berarti

Yang saya bisa lakukan hanya hadir untuk melihat proses perjuangan yang sedang kalian lakukan, tanpa memberikan bantuan, hanya melihat dari tempat yang membuat saya merasa aman, jauh di pojokan

Menanyakan seperlunya, tanpa memberikan solusi yang mungkin dapat memberikan bantuan

Maaf kalau tidak bisa memberikan bantuan karena saya kemampuan saya yang terbatas dan tidak kreatif.

Maaf kalau kehadiran saya mengganggu proses yang sedang kalian jalani, tapi kehadiran saya itulah satu-satunya hal yang bisa membuat saya tenang karena bisa melihat proses yang sedang kalian jalani dalam suatu hal

Maaf juga kalau selama ini hanya cenderung merepotkan dan terkadang suka marah

Sebenarnya saya sendiri tidak pernah bisa mengungkapkan apapun yang disebut sebagai marah itu

Ketika saya diharuskan untuk marah, jujur, saya tidak pernah berani untuk melihat personal ke arah mata kalian, mata saya selalu tertuju ke langit-langit atau bahkan ke lantai.

Karena saya tahu saya tidak mampu untuk marah ke adik-adik saya sendiri.

Malam ini dan kemarin saya dihujani oleh ucapan terima kasih dari kalian

Tapi sejujurnya saya merasa tidak pantas mendapatkan ucapan tersebut karena lagi-lagi saya tidak merasakan signifikansi bantuan ke kalian

Kalian sendiri lah yang membuat diri kalian menjadi luar biasa

Salah satu dari kalian bilang bahwa kalian merasa beruntung mendapatkan PO TKHI seperti saya

Tapi sebenarnya yang perlu diutarakan adalah seperti ini

Saya lah yang sangat beruntung mendapatkan adik-adik terbaik seperti kalian

Terima kasih 2013 dan selamat datang di Keluarga HMHI UI. Ditunggu kontribusi kalian!

 

P.S: Maaf buat surat dan video gak penting buatan saya. Maaf juga kalau tulisan di suratnya kelewat jelek karena itu ditulis sekitar jam 2 pagi. Hhe.

2 thoughts on “Penyesalan Selama Satu Tahun, TKHI 2013

  1. halo kak. saya Tya 17y.o. saya bingung memilih jurusan
    kuliah maunya sih di HI. banyak yang bilang di HI itu
    harus pintar berbicara, pintar berdebat, bahasa
    inggrisnya harus lancar, dlsb. akan tetapi saya tidak
    mempunyai kemampuan bicara yang baik, dan juga tidak
    pintar berdebat. Modal saya ingin masuk HI karena bahasa
    inggris saya yg lumayan bagus jika dipersenkan mungkin
    80% lah. Saya sebenernya juga tidak begitu mengerti
    tentang diplomasi dan politik. Sedangkan di prospek
    kerja HI semua membutuhkan skill bicara yang bagus .
    Tolong kasih solusi dong kak. trims🙂

  2. halo kak. saya Tya 17y.o. Saya bingung memilih jurusan
    kuliah maunya sih di HI. banyak yang bilang di HI itu
    harus pintar berbicara, pintar berdebat, bahasa
    inggrisnya harus lancar, dlsb. akan tetapi saya tidak
    mempunyai kemampuan bicara yang baik, dan juga tidak
    pintar berdebat. Modal saya masuk HI karena bahasa
    inggris saya yg lumayan bagus jika dipersenkan mungkin
    80% lah. Saya sebenernya juga tidak begitu mengerti
    tentang diplomasi dan politik karena saya bukan dari jurusan IPS tapi IPA. Sedangkan di prospek kerja HI semua membutuhkan skill bicara yang bagus . Tolong kasih solusi dong kak.

Leave a Reply

