JKT48 Handshake Event 13/06/01 : Tidak Sehancur Dulu Lagi

Tepat di hari sabtu pagi, segerombolan massa sudah memenuhi sebuah mall terkemuka di bilangan senayan.

Sebut saja fX, dan lebih tepatnya lagi lantai 4.

Lantai sakral yang menjadi tempat pertemuan mereka yang haus akan penebusan rindu.

Lalu apa yang berbeda dari yang sudah-sudah?

Tepat di tanggal 1 Juni 2013, diadakan event Individual Handshake JKT48 untuk yang kedua kalinya. Pertama kali event individual handshake diadakan pada tanggal 14 April 2013 dalam rangka penjualan CD theater album Heavy Rotation. Sedangkan untuk yang kedua kalinya ini merupakan rangkaian dari penjualan CD theater single perdana JKT48, RIVER. Apabila membeli CD versi theater maka akan mendapatkan CD dengan bonus trump card dan tiket individual handshake. Sedangkan untuk versi CD dan DVD nya sendiri akan mendapatkan bonus photopack khusus senbatsu RIVER. Namun berbeda dengan pemberian bukti tiket individual handshake sebelumnya, kali ini tiket handshake langsung didistribusikan ketika pembelian CD, disertakan dengan selembaran putih yang menjadi bukti pembayaran yang disertakan dengan kelengkapan identitas pembeli. Mungkin kali ini tiket handshake didistribusikan terlebih dahulu agar jauh lebih cepat ketika proses penukaran di dalamnya. Benar saja, memang jauh lebih cepat karena ketika di dalam, petugas hanya perlu mengecek kesesuaian identitas dan jumlah pembelian CD tanpa harus mengambil dulu tiket handshake dan mengisinya satu per satu.

Kebetulan di hari yang bersamaan, diadakan juga event signing Official Guide Book JKT48 yang kedua. Jadi dapat dibayangkan, seramai apa fX di hari itu. Di lantai 4 ada event individual handshake, dan di lantai 5 ada event signing OGB. Dan benar, hari itu fx dari pagi hingga malam dipenuhi oleh fans-fans JKT48 yang sekadar ingin memberikan usaha terbaik mereka agar dapat bertemu dengan oshimen walaupun sesaat.

Event handshake kali ini memiliki jumlah sesi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan event handshake sebelumnya. Apabila event handshake sebelumnya memiliki 10 sesi yang dimulai dari pukul 10 pagi hingga setengah 9 malam. Sedangkan kali ini, event handshake dilaksanakan lebih pagi yakni dari pukul 9 pagi hingga 10 malam. Beberapa member yang sebelumnya memiliki dua sesi handshake maka kali ini memiliki hingga tiga sesi handshake. Sehingga dapat dilihat bahwa kerumunan fans JKT48 tidak berhenti terurai di fx dari sebelum mall tersebut buka hingga mall tersebut sudah mau tutup. Dari lampu belum dinyalakan, hingga lampu sudah dimatikan lagi.

Aturan main dalam handshake kali ini masih sama dengan yang sebelumnya, yakni 10 detik untuk setiap pemakaian 1 tiket. Dan tiket tersebut dapat diakumulasikan, tetapi nampaknya tidak ada batas maksimal dalam jumlah akumulasi yang hendak dilakukan oleh fans. Saya melihat beberapa orang bahkan mengakumulasikan hingga 7 tiket sekaligus. Padahal setau saya, sebelumnya diberitahukan bahwa maksimal hanya dapat mengakumulasikan 3 tiket. Tapi nampaknya agar lebih efisien karena kali ini antrian terlihat jauh lebih padat dan beberapa merasa tidak mungkin untuk bolak-balik berulang kali.

20130518_224918

Yang membuat event handshake ini berbeda dari sebelumnya adalah ketika member diberikan kesempatan untuk berpakaian bebas, tidak memakai seragam theater lagi. Mereka pun terlihat sangat cantik dan juga lucu dengan pilihan-pilihan pakaian mereka masing-masing. Walaupun bisa dibilang juga dengan begitu mulai terlihat mana yang memiliki standar atau selera pakaian yang tinggi dan mana yang masih sekadarnya saja dalam pilihannya. Tapi harus diakui hampir semuanya terlihat cantik dalam balutan pakaiannya masing-masing. Mereka terlihat anggun dengan caranya sendiri.

Tetapi yang menarik dari handshake event kali ini adalah ekspresi yang dikeluarkan oleh para fans tidak seunik ketika handshake event yang pertama. Ya memang beberapa keluar dari venue masih dengan senyum lebar mereka, tetapi kebanyakan malah terlihat cool atau mungkin sok cool untuk cepat menetralisir efek yang diberikan ketika sedang menggenggam tangan oshimen. Beberapa teman pun terlihat tidak “sehancur” dulu lagi. Dulu mungkin bisa saja mereka guling-gulingan sambil tersenyum tiada henti, tapi kali ini mereka mungkin hanya tersenyum sangat lebar dan sumringah dalam waktu sesaat aja. Post-effect nya tidak sengeri dulu lagi, dulu mungkin senyum lebar itu akan bertahan hingga sampai di rumah bahkan tidak bisa tertidur. Mungkin hal tersebut terjadi karena jarak event handshake yang belum lama, dan memang ini sudah untuk yang kedua kalinya. Sehingga respon-respon dari oshimen pun bisa di “tackle” kembali dengan kesiapan mental yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Apabila dikatakan, maka persiapan handshake event kali ini jauh lebih matang dari yang sebelumnya. Walaupun masih banyak juga fans yang suka lupa apa yang hendak dibicarakan atau bingung ingin membicarakan apa. Beberapa pun terlihat masih gugup dan gemetar dalam melakukan handshake. Tapi lagi-lagi, tidak sengeri dan sehancur dulu. Timeline twitter kali ini setidaknya lebih tenang dibandingkan ketika event handshake yang sebelumnya. Bombardir yang sangat massive dari fans yang meluapkan perasaan gundah, gugup, gemetar, tidak percaya, dan ingin mengulang kembali waktu. Semuanya dikeluarkan tanpa ragu-ragu. Tapi kali ini timeline tidak sederas dulu. Mungkin kali ini mereka lebih dapat menata hati jauh lebih baik.

Saya sendiri memulai sesi handshake event yang pertama saya pada sesi ketiga, yakni untuk Vanka dan Ikha. Vanka sebanyak 1 tiket, sementara Ikha sebanyak……..berapa ya. Ya adalah ya pokoknya. Lumayan banyak. Sebut saja 10 tiket * EH KESEBUT JUGA * Tapi untuk handshake Ikha akhirnya saya memutuskan barter 1 tiket milik saya dengan milik teman saya. Sehingga saya hanya memakai 9 tiket untuk Ikha karena yang satunya lagi di pakai teman saya dan saya akan memakai tiketnya untuk sesi handshake dengan Sonya. Ketika handshake jujur saya agak bingung ingin membicarakan apa saja, sehingga mencoba berbicara secara spontan saja tentang apa yang ada di pikiran saya. Jujur saya membeli tiket handshake sebanyak itu hanya sebagai bentuk support, bukan ingin berbicara panjang lebar. Mungkin 4 tiket handshake saja sudah cukup untuk mengobrol panjang lebar. Namun 10 tiket ini untuk saya berarti membuat semakin banyak slot handshake nya yang terisi dan semakin cepat pula mencapai sold out dan membuktikan bahwa fans nya banyak. Untuk saya sendiri, dulu ketika handshake sebelumnya, jujur selama handshake saya agak sering senyum-senyum sendiri bahkan hingga pulang dan bahkan keesokan harinya. Tapi kali ini saya merasa jauh lebih baik dalam menata setiap pembicaraan yang terjadi selama event handshake. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa saya tidak sehancur dulu lagi. Untuk handshake dengan Vanka sendiri saya terbilang hanya penasaran untuk mencoba handshake dengan beberapa member lain yang menarik perhatian saya, akhirnya saya memutuskan untuk membeli handshake tambahan dengan Vanka. Sementara saya sudah mengantongi tiket handshake dengan Ikha dan Rena yang memang oshimen saya. Saya memiliki 2 tiket handshake dengan Rena pada sesi keempat. Untuk handshake dengan Ikha saya memutuskan untuk menggunakan dengan sistem akumulasi yang berbeda-beda. Saya menggunakan strategi 1-2-3-2-1. Begitulah cara saya mengakumulasikan sesi handshake dengan Ikha. Mengingat Ikha hanya memiliki satu sesi handshake dan saya harus secara pintar menggunakannya dengan sebaik-baiknya, apabila tidak ingin tiket saya hangus. Sebenarnya awalnya saya ingin menggunakannya sebanyak 1-2-2-2-2. Tetapi karena antrian yang bisa terbilang ramai terus dan padat hingga akhir, sehingga agak ragu untuk menggunakannya seperti itu. Saya harus melihat situasi dan kondisi antrian serta menoleh ke arah jam tangan saya untuk menyesuaikan dengan waktu yang tersisa. Mungkin bisa dibilang agak aneh. Antrian Ikha dari awal hingga akhir sesi terus terlihat padat dan tidak terputus, sementara member lain yang berada di sampingnya ketika menjelang akhir sesi sudah sangat sepi fans yang mengantri bahkan mulai tidak ada. Padahal sesi handshake dengan member lainnya pun sudah sold out. Mungkin hal tersebut dikarenakan beberapa yang cenderung mengulur waktu berbicara bahkan ketika sudah digeser oleh security, dan mungkin juga karena beberapa orang mengulur waktu gilirannya ketika sudah berada di barisan depan dengan alih-alih, “silahkan duluan” kepada orang lain yang juga sudah ada di barisan depan. Memang terlihat beberapa fans belum siap mengatur runutan katanya nanti. Kira-kira terdapat tiga barisan untuk setiap member, sebelum akhirnya satu per satu dipersilahkan mulai menjabat tangan dan mengobrol singkat. Di antara sela-sela handshake dengan Ikha saya memutuskan untuk handshake dengan Vanka terlebih dahulu, dimana antriannya tidak sepadat antrian Ikha. Untuk Rena sendiri saya menggunakan tiketnya satu persatu, sehingga saya dua kali mengantri. Antrian Rena pun terlihat sangat ramai. Tapi ada yang lucu dari sesi handshake dengan Rena. Terlihat beberapa kali Rena diperingatkan oleh Security agar dapat lebih cepat dalam melakukan handshake karena bisa dibilang intro dari Rena membuat sesi handshake jauh lebih lama. Di awal dia selalu menanyakan terlebih dahulu apakah sticker yang dibagikan pada sesi handshake tersebut ingin ditempelkan atau langsung diberikan. Hal tersebut pun cukup memakan waktu 10 detik yang disediakan. Sehingga beberapa kali Security coba mengingatkan Rena agar lebih efisien dalam pemberian sticker. Oh iya untuk kali ini nampaknya security tidak hanya menggunakan feeling untuk menakar waktu, mereka lebih perhitungan sehingga lebih disiplin dalam waktu. Mengingat antrian di dalam theater kali ini selalu padat dan ramai. Selanjutnya, selain handshake dengan Vanka, Ikha, dan Rena, saya juga berkesempatan untuk handshake dengan Sonya dan Ayana. Kedua tiket tersebut diberikan oleh teman-teman saya, jadi saya pun ketika handshake dengan mereka pun hanya membicarakan teman-teman saya yang memberikan tiket tersebut. Yah ibaratnya saya jadi opening atau pancingan. Menyenangkan dan seru! Haha.

IMG_20130601_154215

Lalu kira-kira bagaimana alur pembicaraan saya dengan beberapa member. Sepertinya saya akan memberikan sedikit cerita handshake saya dengan Vanka, Ikha, dan Rena.

 

Vanka

Aya: Halo Vanka!

Vanka: Halo kak!

A: Hmmm agak bingung mau ngomong apa….kamu perform Boku No Taiyou kapan?

V: Aku belum tau nih kak, nanti aku kasih tau deh ya…

A: Wah penasaran banget nih, dulu aku suka nonton kamu pas Tenshi no Shippo. Bagus deh..Oh iya kamu pas Senshuuraku tiba-tiba ada gitu deh

V: Nah iya tiba-tiba ada kan kak. Nah itu aku kak..suka tiba-tiba muncul. Hehe

A: Sip ditunggu ya…

V: Iya, makasih ya kak

A: Sip makasih ya vanka…

 

Ikha

Aya: Hai

Ikha: Halo kak..

A: Hmmm bingung mau ngomong apaan… * mikir dulu mau ngomong apa * Lo tinggi amat sih(kebetulan hari itu dia memakai high heels yang cukup tinggi)

I: Hahaha…iya kak ini kan pake high heels

A: Hahaha iya sih

I: Kak kita bajunya samaan loh

A: * mikir dulu * (ternyata benar, dia pakai baju hitam-hitam dan saya pun juga) Oh iya….

(digeser satpam)

I: makasih ya kak * ngasih sticker *

A: Sip oke deh…yah gw cuma beli sekali nih * ngeboong gede banget *

I: Yah…

A: Hai bosen yah…

I: Gak dong kak..gak bosen

A: Sekarang fans nya udah banyak ya..itu antriannya masih rame banget

I: Iya Alhamdulillah…

A: Bagus deh..dulu gw nonton buat ngisi bangku-bangku kosong. Tapi sekarang udah rame banget.

I: Sekarang juga rajin nonton dong kak

A: Ngapain?

I: Kan biar bisa liat higurashi no koi

A: * agak bingung mau respon balik apa * Hmm..minggu depan UAS ya? Gw juga UAS nih

I: Wah sama dong kak kita. Semangat ya kak

A: Iya jadi minggu depan gw gak bisa nonton dulu ya

I: Iya kak gpp

A: Sip semangat ya UAS nya

I: Makasih kak

A: Makasih…dah!

 

Rena

 

Aya: Halo rena!

Rena: Halo! Apa kabar? Stickernya mau ditempel atau dikasih aja?

A: Baik 🙂 Dikasih aja 🙂

R: Oke dikasih aja ya 🙂

A: Rena…kemarin t-shirt nya gambar sendiri ya? Bagus banget…lucu

R: Iya itu aku gambar sendiri…Wah makasih ya

A: Iya aku waktu itu pakai kuliah dan teman-teman aku bilang bagus…lucu..

R: Wah makasih banget ya…

A: Iya…

R: Salam yah buat teman-temannya

A: Iya makasih ya Rena..dadah

R: Dadah.

Yah kira-kira begitulah sebagian kecil pembicaraan handshake event saya. Selebihnya yang tidak dishare berarti mengandung bagian yang “agak” membuat hancur. Hhe banget. Ya sudahlah ya…

20130531_193352

Oh iya di hari itu, saya juga sempat mengikuti sign event OGB. Sebenarnya agak malas mengikuti sign event di hari itu karena ibaratnya, terlalu penuh di satu hari. Dan terlalu banyak bertemu di satu hari. Tapi pada akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti sign event karena agak malas menunggu jadwal sign event selanjutnya. Sign event dilaksanakan di sebuah café di lantai 5. Antriannya tidak begitu padat sewaktu di luar. Tapi nyatanya antrian Ikha cukup padat. Saya sendiri membawa spidol silver sendiri untuk digunakan Ikha ketika signing di OGB saya. Sign event dapat dimanfaatkan oleh sejumlah fans untuk mengobrol lebih banyak dengan oshimennya. Sambil menunggu oshimen menandatangani OGB, maka lebih banyak waktu untuk mengobrol. Selain itu security pun lebih longgar dalam sign event ini. Sehingga dapat memperpanjang waktu signing sesuai dengan keinginan masing-masing. Tapi yang pastinya mayoritas masih sadar diri bahwa tidak boleh berlama-lama dan masih terdapat antrian lagi di belakang. Saya sendiri tidak mengobrol banyak ketika sign event karena sudah banyak yang dibicarakan selama handshake sebelumnya. Paling hanya berbicara seperlunya. Awalnya saya hanya meminta agar dituliskan untuk siapa tanda tangan itu. Kira-kira saya bilang, “tulisin dong buat siapanya…udah tau kan namanya. Hhe”. Tau-taunya Ikha malah menulis pesan tambahan. Tapi pesan tambahannya agak hhe banget. Jadi saya komen sedikit. “Apaan tuh..siapa yang gitu..hyah kan biasanya cuma bercanda doang gak seriusan.” Trus anaknya cuma ketawa-ketawa aja. Jadi beginilah hasil karya corat-coret oshimen saya yang agak rese’ tapi cubanget sih #gitu

20130601_143822

HAHAHA. SEKIAN CERITA SAYA.

IN CONCLUSION: HANDSHAKE EVENT KALI INI TIDAK MENGAKIBATKAN KEAMBRUKAN MENTAL DAN PSIKIS FANS SECARA TOTAL. Fans lebih well prepare dan terlatih dalam menghadapi setiap “sliding tackle” dari oshimen dan siap “menakis” nya >.<

4 thoughts on “JKT48 Handshake Event 13/06/01 : Tidak Sehancur Dulu Lagi

Leave a comment