Saya dan Perwakilan Kelas: Loyalitas Kepada Arti Hidup Sebenarnya

Perwakilan Kelas SMA Negeri 8 Jakarta,

Mungkin sudah terlalu tua untuk saya membicarakan kembali organisasi yang satu ini. Sudah sekitar 2 tahun yang lalu saya melepas jabatan di Perwakilan Kelas. Tapi rasanya ada suatu hal yang membuat saya ingin menuliskan kembali tentang Perwakilan Kelas di blog ini. Mungkin terdengar kurang kerjaan. Tapi saya hanya ingin berbagi, apa arti hidup sebenarnya untuk saya dan apa yang tetap membuat saya bersemangat menjalani hari-hari saya.2

2 tahun ya? Kalau untuk orang lain, mungkin sih sudah mulai agak lupa karena kesibukan baru di dunia baru. Tapi anehnya, saya malah masih belum bisa lupa setiap hal yang dilakukan di PK dan selalu mengingat cerita-cerita yang pernah dilewati selama di PK, setiap harinya.

Karena untuk saya, di PK, saya menemukan arti hidup yang sebenarnya…..

Ketika seseorang berbicara arti hidup, maka bagi saya arti hidup saya adalah orang-orang terpenting dalam hidup saya, keluarga dan teman-teman saya. Dan untuk saya, teman-teman di Perwakilan Kelas menempati posisi yang spesial dan menjadi arti hidup yang paling utama. Mungkin terdengar menggelikan atau berlebihan, tapi saya punya alasan dibaliknya. Walaupun mungkin, alasan itu tidak akan pernah terdengar rasional di telinga orang lain.

Buat saya arti hidup dan semangat hidup saya adalah teman-teman saya di Perwakilan Kelas XVI, terlalu banyak cerita yang saya lewatkan bersama mereka. Bersama mereka saya mengerti bagaimana setiap hari ulang tahun menjadi spesial, bagaimana bertukar pikiran dalam masalah keorganisasian, dan bagaimana melepas penat dengan teman yang selalu ada untuk mendengar cerita-cerita kita walaupun terkadang cerita itu tidak menarik

Lalu apa lagi? Hemm…angkatan bawah saya. Mereka semangat saya. Terutama anggota komisi saya, dan juga bagian dari komisi aspirasi lainnya. Bukan hanya mereka yang berada tepat satu tahun di bawah saya, namun juga mereka yang ada dua atau tiga tahun dibawah saya. Karena mereka saya merasa lebih berarti di PK. Karena mereka saya menjadi mengerti apa arti kehadiran saya di PK. Karena mereka saya tahu, ada tanggung jawab besar yang saya miliki, untuk mendidik mereka sesuai dengan ekspektasi dan kualitas seorang PK. Dan karena mereka juga, saya selalu tersenyum dan tidak bisa marah.

Karena ketika saya telah mengenal mereka secara lebih personal, akan sangat bahaya untuk saya.

Karena saya…..akan sangat menyayangi mereka seperti adik saya sendiri.

Walaupun saya….berusaha sekuat mungkin untuk tidak diketahui bahwa apa yang saya lakukan, semata-mata untuk membuat mereka tersenyum dan menjaga mereka walaupun dari kejauhan.

Jadi saya harap, orang-orang mulai mengerti mengapa saya selalu menyempatkan untuk hadir di setiap acara Perwakilan Kelas yang diadakan, walaupun saya memiliki banyak tugas dan juga tanggung jawab di luar. Bukan saya iseng, atau tidak ada kerjaan. Bukan saya ingin mencari muka kepada adik-adik kelas saya. Saya hanya ingin bertemu dengan arti hidup saya yang sebenarnya, semangat saya untuk bertemu dengan orang-orang yang spesial di dalam kehidupan saya.

Loyalitas ini ada karena mereka adalah arti hidup yang sebenarnya.

One thought on “Saya dan Perwakilan Kelas: Loyalitas Kepada Arti Hidup Sebenarnya

Leave a Reply

