JKT48: Pleasure in The Middle of Works

Seperti yang sudah kalian tahu lewat postingan sebelumnya bahwa gw sedang terjebak dalam suatu fenomena besar. Fenomena JKT48 yang melanda di Indonesia. Sekitar akhir Januari teman-teman yang gw temui di forum online ternama, yaitu kaskus mulai memperkenalkan video-video JKT48. Bahkan video iklan Pocari Sweat JKT48 dengan resolusi HD. Ya, sekali lagi video iklah dengan resolusi HD. JKT48 saat ini sudah sangat banyak jumlah fans nya. Ketika awal saya mengikuti perjalanan mereka, sekitar akhir Januari masih sedikit orang yang datang ke setiap event mereka, namun saat ini jumlahnya sangat membludak bahkan untuk berkesempatan menonton mereka secara dekat menjadi sesuatu yang sangat diperebutkan oleh ribuan orang. Lalu mengapa dari akhir Januari hingga sekarang saya masih saja menjadi penikmat setia dari setiap event JKT48 dan berusaha mengejar mereka dimanapun?

Perjalanan pertama gw mengikuti jejak JKT48 itu ketika mereka perform di Hello Fest 2012, kalau tidak salah 4 Februari 2012. Dari sebelum tanggal itu gw juga udah mulai mengikuti perkembangan JKT48, sekitar akhir Januari gw udah mengikuti perkembangannya. Gw pun sebelumnya juga udah tau bahwa akan diadakan konser AKB48 dan JKT48 di Balai Kartini pada 25 Februari 2012. Awalnya gak ada niatan sama sekali buat menonton konser tersebut, tapi semuanya berubah akibat first impression gw setelah ngelive JKT48. Hello Fest menjadi festival tahunan yang wajib didatangi bagi para pencinta jejepangan. Tapi ya, ini gw baru pertama kali, cuma untuk memuaskan rasa penasaran gw terhadap JKT48. Disana ada booth merchandise JKT48, ada yang menjual photopack dan membagikan info tentang pendaftaran grup untuk menonton konser. Ternyata dari pembelian satu set Photopack bisa mendapatkan kesempatan handshake dengan para member. Melihat antusiasme yang besar dari beberapa teman, otomatis gw ikut penasaran dan membeli satu set Photopack. Dan voila, satu tiket handshake di tangan. Kalau tidak salah waktu itu yang beli photopack juga dimintai kelengkapan data seperti email, no. telpon, dll. Dua jam sebelum JKT48 tampil di stage utama, sekitaran stage sudah dipenuhi oleh para fans. Dan waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, mereka tampil di panggung membawakan Heavy Rotation dan Aitakatta. Well, it was a really great moment. I was extremely excited. HYPED! Seru banget pengalaman ngelivenya. Euphoria dari penonton dengan chant nya dan performance mereka yang tidak kalah menyenangkan. Setelah itu pun gw menuju antrian ke atas stage buat handshake. Ya, semakin jatuh cinta lah gw terhadap idol group satu ini. Salaman dan senyuman mereka rasanya benar-benar tulus dan antusiasme mereka begitu menyambut salaman tangan gw itu juga sangat tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Terutama pengalaman handshake dengan oshimen JKT gw, Rena-Chan. Gw masih ingat betul pertama kali handshake sama Rena-Chan, dia menyambut gw dengan sangat excited dan megang tangan gw lama sambil senyum terus dan ngomong “Terima Kasih ya”. Setelah pengalaman tidak terlupakan di Hello Fest, gw tanpa pikir panjang mencari tiket konser AKB48 dan JKT48 dengan segala cara.

Akhirnya setelah mengikuti kuis undian dan membeli tiket grup. Gw mendapatkan 2 tiket konser AKB48, kebetulan yang satu dikasih ke teman yang juga suka per 48 an. Jujur sebelum konser itu gw kurang mengikuti AKB48, ya cuma tau beberapa top hits mereka dan tentunya lagu-lagu yang dicover oleh JKT48. Tapi setelah menonton konser tersebut gw sadar bahwa dunia per 48 an ini sangat menarik. Harus gw akui lagu-lagu mereka sangat catchy, gw gak bilang bagus karena bagus itu relatif, tapi yah catchy dan dengan dance yang sangat enerjik dan juga visual member-membernya yang menarik. Selain itu tingkah laku mereka pun juga bisa membuat gw ketawa. Yah, akhirnya gw sadar, mereka bisa menjadi sebuah pelarian kecil dari aktivitas akademis dan organisasi gw selama ini🙂 Konser tersebut ditutup dengan perasaan antusiasme berlebihan dari gw dan semakin membuat gw ingin mengikuti semua berita terbaru dari AKB48 dan sister groups lainnya, terutama JKT48. Oh iya, percaya atau tidak, sebelum konser itu gw sempat-sempatnya ngejar mereka ke Dahsyat. Yah, acara musik yang terkenal tidak kompatibel dan dipenuhi oleh para alay bahagia di belakang para performernya :p Cuma demi ngeliat beberapa member AKB48(Takamina, Ricchan, dan Sasshi(sekarang HKT48)) tampil Aitakatta bareng JKT48.

Mulai dari Hello Fest sebenarnya gw udah menemukan beberapa teman yang sering ke event-event JKT48. Bahkan mereka sudah mengikuti JKT48 sejak pertama kali JKT48 muncul di permukaan. Setelah itu gw bareng sama mereka mulai mengejar event-event JKT48 dimana pun itu. Semakin lama kenalannya semakin banyak, ya waktu awal-awal dulu ada sekitar 11 orang yang kalau ke event-event JKT48 selalu bareng-bareng. Mulai dari 100% Ampuh Global TV yang sampai beberapa kali diadakan di manggarai, tempat live dramatis yang dipenuhi oleh anak kecil yang ingin menonton Coboy Junior dan juga ngelive di acara Jejepangan di PRJ. Awal-awal gw sering ngelive banyak yang mempertanyakan kenapa gw sering banget nonton JKT48, padahal mereka waktu itu baru ada dua lagu, Heavy Rotation dan Aitakatta. Yah, jujur melihat performance mereka secara langsung itu lebih menyenangkan daripada lewat layar kaca. Banyak kejadian berharga yang tidak terekam oleh kamera televisi. Dan jujur, lagu dan performance mereka pun terasa lebih asik untuk dinikmati ketika disaksikan secara langsung.

Tidak lama dari event ngelive di lapangan parkir, akhirnya ada juga sebuah event yang ditunggu-tunggu. First Live Theater JKT48 yang diadakan di Nyi Ageng Serang pada tanggal 17-20 May 2012. Satu hari ada dua show. Kebetulan waktu itu tanggal 17-20 gw sendiri pergi ke Singapur buat jalan-jalan bareng keluarga. Nyesek banget sih pas tau, gw yang selama ini kejar-kejar mereka dari satu event ke event lain masa’ harus gw lewatkan theater pertama nya. Theater yang menjadi ciri khas dari per 48 an. Tapi ternyata gw masih ada harapan, ternyata gw tanggal 20 siang udah sampai di Jakarta. Ya, dan dengan segala cara akhirnya gw berhasil mendapatkan tiket theater tanggal 20 May show 2. Kebayang sih capeknya habis pulang dari luar kota, tapi itu bukan halangan buat nonton para idola gw membawakan sekitar 19 lagu. Siang sampai, pulang sebentar, sore langsung menuju TKP. Awal-awal duduk di dalem theater udah deg-deg an banget sih, terlalu excited. Hamparan lightstick udah ada di depan mata, gw pun siap dengan amunisi lightstick yang baru di beli beberapa minggu sebelumnya. Well, as expected the girls did really great. Rasa lelah gw terbayarkan dengan setlist Pajama Drive yang dibawakan dengan sangat menyenangkan oleh JKT48. Mereka sangat semangat membawakannya dan lagu nya pun asik banget buat didengerin. Buat yang belum tau, setlist Pajama Drive itu merupakan setlist dari AKB48 Team B, ada sekitar 16 lagu. Tradisi setelah theater, ada handshake, dan satu kesempatan yang tidak akan terulang lagi, 2shot dengan oshimen!  Haha iya, gw foto sama Rena, tapi lusuh banget sih tampang gw nya, berhubung terlalu excited jadi ikut keringetan juga. Oh iya theater pertama ini, gw sama beberapa teman mengirimkan karangan bunga loh buat sedikit suntikan semangat dan ucapan selamat ke member JKT48.

Setelah itu, theater dan event-event pun berjalan terus. Total sampai saat ini sudah ada tiga kali theater. Seinget gw, theater kedua gw nonton tiga kali dan theater ketiga gw nonton dua kali. Diluar event theater suka ada event handshake juga, sering bilang bosen gak mau ikut handshake tapi ujung-ujungnya gw tetap ikut handshake. Haha yah entahlah daya tarik mereka terlalu kuat. Dan event terjauh mereka yang pernah gw kejar? Event dari teman-teman sastra Jepang UNPAD, FESBUKAN. Ya, gw ke Jatinangor dari pagi untuk sekadar menonton mereka live performance tiga lagu di jam setengah 9 malam :p Ya sebenarnya motivasi untuk mengejar semua event mereka gak cuma melihat mereka perform, tapi juga buat ngumpul sama teman-temannya itu. Banyak momen yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Oh iya tapi untuk event di Jatinangor ini gw gak ikut handshake karena tiketnya cukup mahal. Hehe.

Theater kedua dan ketiga mereka sudah sangat ramai sekarang. Fans mereka semakin banyak dan membludak, berbeda dengan awal-awal ketika gw mengikuti perjalanan mereka. Itu sangat terasa ketika theater ketiga, theater ketiga menggunakan sistem ticket box yang dibuka pukul 14:00 WIB, ya tapi fans sudah mengantri dari jam 08:00 WIB di depan Pasaraya Blok M, tepat sebelum mall buka. Mereka takut kehabisan tiket karena mengetahui kenyataannya bahwa fans JKT48 semakin banyak. Antrian tersebut pun baru benar-benar habis sekitar pukul 22:00 WIB. Benar-benar terasa kan bagaimana jumlah fans mereka yang membludak. Belum lagi fans dari luar kota yang rela datang jauh-jauh demi menonton mereka, seperti fans dari Makassar, Jogja, Kalimantan, dll. Bahkan tidak hanya fans domestik, fans mancanegara pun mulai berdatangan, seperti fans dari Jepang dan Singapura yang menyempatkan datang untuk menonton theater mereka.

Dengan menjadi fans dari JKT48 selain gw bisa mencari sedikit kebahagian ditengah kesibukan akademis dan organisasi dengan melihat performance mereka, gw juga bisa menambah banyak teman. Banyak teman dari berbagai scene musik, postrock, britpop, hardcore, metal, dll. Menjadi sebuah kesempatan yang sangat berharga buat gw dengan bertemu banyak teman dengan karakteristik yang berbeda-beda. Bisa menambah pengetahuan gw dan juga pastinya networking gw jadi tidak terbatas pada kalangan tertentu. Setidaknya liburan waktu luang gw bisa diisi dengan kumpul-kumpul. Walaupun yang diomongin ya itu-itu lagi sih. Haha!

Sebentar lagi jumlah fans JKT48 pasti akan semakin meningkat. Terlebih lagi dengan ditayangkannya Mega Konser JKT48 di RCTI. Orang-orang yang sebelumnya belum pernah melihat beberapa lagu theater dapat menikmatinya lewat layar kaca. Gw cuma mendoakan kesuksesan JKT48 kedepannya. Semoga mencapai puncak kesuksesan🙂

“Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya! I scream it loud without hesitations. I’m proud to be a fan of JKT48.  I’m just trying to give my best support as long as I can do it. Good luck JKT48! I hope I can see you in the next 5 or 10 years from now.”

7 thoughts on “JKT48: Pleasure in The Middle of Works

  1. Artikel yg lengkap!
    Enak memang kalau domisili di daerah dekat jakarta, bisa ngelive terus. saya sendiri yg di bogor kadang males ikut live kalo di parkiran😄
    Jadi nontonnya ya theater aja.

    JKT48 memang lagi hype banget sekarang. Wajar fans nya semakin membeludak. Tiket theater juga mungkin akan rare mulai theater kedepan😄

    Salam kenal dari fans jendral kinaru🙂

  2. seenggak’y..hobi gw trhadap Jejepangan bisa tersalurkan dengan ada’y JKT48..semoga mreka makin sukses sperti AKB48 @.@

Leave a Reply

