Sebuah Pilihan Asal, Ilmu Hubungan Internasional. Penyesalan?

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya saya melewati jalur SNMPTN Undangan dan berhasil diterima di Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Awalnya memilih HI bukanlah tujuan saya, tujuan awal saya Ilmu Ekonomi. Kenapa saya memilih HI? Semua karena semata-mata melihat kesempatan dan mengalah kepada teman yang memang lebih menginginkan Ilmu Ekonomi. Saya masih ada pilihan lain diluar Ilmu Ekonomi, yakni Ilmu Hubungan Internasional, lalu saya menjadi satu-satunya yang memilih Ilmu Hubungan Internasional dalam proses SNMPTN Undangan di SMA Negeri 8 Jakarta, kesempatan yang sangat besar menurut saya. Begitulah sedikit flashback alasan mengapa saya memilih HI, lalu, apakah ada penyesalan setelah diterima di jurusan ini? Jurusan yang awalnya hanya dipilih secara asal-asalan.

Sebenarnya setelah diterima melewati proses SNMPTN Undangan, saya mengikuti tes Mitsui-Bussan, sebuah program beasiswa S1 ke Jepang. Sudah dari lama saya menginginkan studi di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang. Beberapa cara sudah saya tempuh untuk mengikuti tes atau sekedar bertanya mengenai proses pendaftaran. Saya mengikuti tes NTU di Singapura, namun gagal. Kemudian saya membatalkan niatan untuk mendaftarkan diri ke Universitas di Malaysia karena sudah diterima di HI dan merupakan satu-satunya murid SMA Negeri 8 Jakarta yang tahun ini di jurusan tersebut. Lalu bagaimana dengan Mitsui-Bussan? Sebenarnya saya berhasil melewati proses tes tertulis dan berhak untuk melewati dua tahap lagi, namun sebelum melanjutkan kedua tahapan selanjutnya, saya mengundurkan diri, lagi-lagi dengan pertimbangan bahwa saya adalah satu-satunya murid SMA Negeri 8 Jakarta yang diterima di jurusan tersebut dan jika melepasnya hanya akan menurunkan kredibilitas sekolah di mata jurusan yang berkaitan. Melepas semua perencanaan yang sudah disusun sedemikan rupa. Menyesal? Cerita belum selesai.

Begitu bertemu dengan teman-teman yang ada di HI, saya tahu bahwa kami semua memiliki latar belakang yang berbeda dan kebanyakan sudah memiliki segudang prestasi, baik itu prestasi akademis maupun non akademis. Ada peraih medali OSN, penemu bakteri, dalang, mojang, raki, exchange students, dan lain lain. Banyak prestasi bukan? Saya menjadi merasa bukan apa-apa, terlebih lagi setelah melihat pengalaman-pengalaman senior. Ada beberapa pendiri organisasi pemuda, mengikuti pertukaran pelajar, pemenang kompetisi-kompetisi Internasional, mengikuti Model United Nations dan Debate Competition tingkat dunia, dan masih banyak lagi. Secdil, sebuah istilah yang biasa dipakai anak-anak HI yang dikenal sebagai security dilemma, istilah paling tepat untuk menggambarkan kondisi saya ketika melihat segudang prestasi mereka.

Tapi anehnya, melihat kondisi seperti ini membuat saya termotivasi untuk mengeksplorasi diri saya. Sebuat pemacu yang sangat baik untuk diri saya sendiri. Saya menjadi memiliki target-target yang ingin saya penuhi selama di bangku kuliah, dan target-target tersebut tidak main-main, harus dilakukan dengan usaha keras agar dapat terpenuhi.

Ternyata banyak hal yang belum saya ketahui tentang HI ketika saya masih di bangku SMA. Setelah saya mengikuti proses orientasi untuk mengenal jurusan ini lebih dalam lagi, saya tahu bagaimana para senior menghadapi semester-semester yang mereka lalui. Kebanyakan menceritakan bagaimana harus mengerjakan makalah dalam jumlah sangat banyak dalam satu minggu. Dari situ saya berpikir bahwa dengan begitu akan sangat melatih kemampuan menulis dan juga mengkritis berbagai macam hal berdasarkan teori yang ada. Namun yang terpenting adalah bagaimana mengatur berbagai tugas yang ada agar terselesaikan tepat waktu dan mengatur prioritas. Tekanan yang ada dan tenaga yang dikeluarkan hingga mengurangi banyak waktu tidur tersebut menurut saya menjadi sebuah kemampuan yang akan sangat berguna nantinya karena kehidupan kerja akan berlangsung seperti itu.

Disisi lain saya juga berhasil menemui dosen-dosen hebat yang dapat membuat saya memberikan perhatian penuh ketika beliau menyampaikan materi. Dan saya pun tahu bahwa banyak dosen yang sudah mengisi berbagai kolom di surat kabar, diundang menjadi pembicara baik di luar maupun dalam negeri, dan banyak lagi hal-hal hebat yang mereka lakukan.

Begitu banyak orang hebat yang saya temui di jurusan ini, banyak pula bidang-bidang ataupun kegiatan yang sebelumnya belum begitu saya ketahui, pengetahuan saya sangat terbuka dengan realita yang ada di hadapan saya sekarang ini. Saya pun bisa menyimpulkan bahwa tidak ada penyeselan dalam pilihan asal saya ini, saya yakin Allah SWT telah merencanakan hal terbaik untuk saya😀

 

 

149 thoughts on “Sebuah Pilihan Asal, Ilmu Hubungan Internasional. Penyesalan?

  1. Thumbs up! Hebat ya, bisa jadi murid pertama disekolahnya masuk jurusan HI di UI.
    Sekedar tanya aja, kalo udah niat milih HI trus mau prepare dari sekarang harus banyak belajar tentang apa aja? Soalnya saya masih kelas 2 IPS, terimakasih🙂

    1. Saya bukan yang pertama kok. Senior2 saya sebelumnya sudah banyak yang masuk HI UI.
      Maaf baru bisa balas, menurut saya lebih banyak prepare untuk SNMPTN nya dulu saja. Tapi ketika awal2 di HI, saya sendiri lebih banyak belajar sejarah2. Baik itu sejarah dunia maupun sejarah pemikiran tokoh2 Hubungan Internasional🙂

  2. we are same,,,di sekolah aku satu-satunya yang ambil SNMPTN Undangan HI di Unpad kak… peluang besar,,semoga Mei nanti diterima…. :))

  3. Kak,aku juga pengen banget masuk HI….
    Aku masih kelas 1 SMA kak….
    Aku mau nanya,,,kalau mau masuk HI,apa-apa aja pelajaran yang musti banyak kita pelajari dari sekarang kak??

    1. Cukup explore dunia2 luar,,gk harus ngebolak-balik buku sejarah.. Namun,krna kamu bru kelas 1 SMA,coba deh liat2 channel TV asing,kyak NHK atw VOA.. Pasti mmbantu.. Pkoknya cari cara yg gak membosankan..:) good luck,

      1. Terus bekal yang harus dikuasai untuk masuk jurusan HI itu apa aja ya? aku pengen banget masuk HI tapi aku belum tahu apa-apa? terus bagaimana?

  4. halooo…
    semangat yaa di HI UI !!
    kita sama loh 2011, saya di sastra jerman ^^
    awalnya agak merasa salah jurusan juga tapi sekarang tidak!!
    karena ini adalah pilihan saya, jalani apa yg di depan mata.
    semangat buat kitaaa !!!!!

    1. halo, coba kamu magang di kementrian luar negeri RI, disana kamu akan tau bahwa peluang diplomat lebih banyak dari sastra jerman,perancis,arab,cina,rusia, ketimbang dari HI.maupun ilmu politik,hukum dan ekonomi. Karena kemampuan berbahasa dnilai lebihpenting, sedangkan kemenlu menilai bahwa kemampuan diplomatik dapat dibangun di SEKDILU (sekolah dinas luar negeri) yang diselenggarakan setelah kamu diterima di kementrian luar negeri

  5. pengen banget diterima di HI UI tapi melihat yg diterima punya banyak prestasi jadi merinding😦 tetapi kalau memang jalannya sudah di HI pasti gak akan kemana-mana

    1. first, mau nanya dulu buat Penulis Blognya, kalau mau masuk ke jurusan HI, pas SMA nya harus ambil program IPS ya ? kalau dari Program IPA (pas d SMA) trus ke HI bisa ga ? soalnya di sekolah saya juga, kalau masuk Jurusan IPA, tetep ada pelajaran SEJARAHnya..

  6. kak, saya baru mw memulai kuliah di jurusan HI, saya tidak begitu tau tentang jurusan ini, sya harus bagaimana? terimakasih🙂 bisa minta twitter?? hehe biar bisa sharing pengalamannya😀

  7. Ka, saya sekarang kelas 3. Dan pengen bgt, masuk HI UI. Lingkungan pun semua sudah dukung saya. Nah, saya dari IPA. Berarti saya ambil IPC dong? Nah, kalau tidak salah tahun kemarin dr 4000 yg diterima 30, jalur snmptn. Bukankah peluangnya memang sangat kecil? Nah, untuk memperbesar peluang, sebaiknya, apa yang harus saya lakukan? Apakah dgn latihan2 dari buku sprt ‘sukses snmptn’ atau ‘ngerjain soal simak ui, merem’ sudah cukup? Apa perlu saya ikutan les lagi yang ampe 10jt itu? Nah, kalo saya pengen nekunin lewat undangan, berarti sy bagusin nilai rapot dong? Dan yang sgt menjadi masalah, saya bersekolah asrama. Apakah semua kemungkin dapat menjadi mungkin? -_-
    Terimakasih atas perhatiannyaa🙂 Semoga, kaka kemtemu saya sebagai MABA (Amiiin)

    1. bantu jawab yaa, aku baru kelas 2 SMA cuman sekedar informasi aja. kalo mau masuk HI emang yang utama harus bisa bahasa inggris karna yang di hadapin bukan masalah nasional aja tapi mencakup international apa lagi lulusan nya bisa jadi duta besar, ketambah yang saya ketahui dari anak jurusan HI, katanya melajarin banyak bahasa, otomatis bahasa inggris juga harus bisa kan itu bahasa internasional yang wajib kita mengerti

  8. Kak, hebaaat bisa keterima di HI.
    Saya juga ingin sekali lulus SMA masuk kuliah jurusan HI. Persiapan yg perlu apa aja kak? Makasih sebelumnya

  9. aku udah naksir HI di UI dr kelas 3 smp. sekarang sih br kls 1 sma…
    tp prestasi aku br ikt english debate kota…
    apa ajasih kak yg dipelajari di sana?

  10. jangan nyesel dong masuk HI, dari dulu aku pengen masuk HI, eh malah milih jurusan lain nuruin orang lain, jadi nyesel bget skrg ga milih HI. Aku bisa 2 bahasa inggris dan jepang ! Ayo berjuang. Ganbarimashou.

  11. jalur undangan fak HI untuk siswa ajaran tahun 2013 gimana caranya yah?
    atau beasisswa untuk siswa tamatan kelas 3 SMA
    saya pengen banget masuk HI🙂 dan itu cita-cita saya sejak saya mengenal dunia bahasa inggris
    mohon informasinya

  12. Ass.wr.wb, Wah keren. Merinding (dikit).
    Begitu banyak orang yang masuk HI, kakak malah masuknya karena asala memilih. What a great boy! Kak, bagi bagi cerita dong. Kakak, lulus snmptn undangan HI UI, nilai-nilainya berapa aja? Kakak dari IPS atau IPA? Dan banyak gak sertifikat2 yang di dapet pasa SMA yang menentukan lulus Undangan FISIP UI? Terimakasih atas bantuannya.

  13. Tambahan kak.
    Bisa dibilang saya anak kelas 12 yang sudah punya gambaran mau kuliah dimana. Pilihan? Sudah ada. Yang belum ada itu keyakinannya. Nah, salah satu pilhan saya itu FISIP UI. “Wih, gila itu kan GRADEnya pada tinggi, yakin lu?” Itulah komentar2 temen2 saya setelah saya menjawab pertanyaan mau masuk mana. Oke, setelah itu saya, malah jd merasa tambah tertantang. Dan sekarang, SNMPTN Undangan mendapatkan porsi yang sangat besar, iya kan? Nah, saya melihat rapor semester 5 saya lumayan (menurut saya). Berarti, usaha saya untuk meningkatkan nilai2 semester 5 sudah berakhir. Salah Muhammad Nuh, kenapa baru memberitahukannya pasca UAS Semester 5. Oke, saya juga salah. Harusnya lebih concern lagi untuk nillai rapor yg bakalan imbas ke undangan. Nah, yang jadi pertanyaan saya, untuk Undangan sekarang syarat minimal diterimanya kita di sana harus memeiliki rata2 rapor berapa? Dan apakah sertifikat2 yang didapat saat SMA bisa jadi penentu yang essensial? Dan, untuk SNMPTN Tulis yang sekarang dapat porsi lebih sedikit, masihkah saya harus berharap pada jalur tersebut? Kalau iya, apa yang harus saya lakukan agar minimal lulus SNMPTN Tulis FISIP UI? Leskah, latihan banyak soal kah? Kalau Les, kondisi saya sekolah di asrama, agak kurang mendukung. Latihan banyak soal, iya itu yang paling memungkinkan. Oke, seandainya saya memilih sukses SNMPTN Tulis dengan latihan banyak soal SNMPTN. Apakah saya harus benar2 fokus saja kesana, atau harus fokus ke UN juga? Dan yang terakhir, buat SIMAK UI. Ada sejarahnya gak, anak2 IPA lolos SIMAK UI untuk masuk FISIP UI? Terimakasih atas bantuan dan jawabannya

  14. kak,saya kelas 3 IPS saat ini. saya juga pengen banget masuk HI. jadi saya perlu prepare apa mulai dari sekarang?

  15. pertama2, TRIMAKASIH BANYAK KAAK UDAH BUAT BLOG INI!! :’D krn setelah baca, aku yg tadinya masih takut, ragu-ragu, tapi pengen jadi termotivasi banget buat masuk HI UI! tulisan kk menginspirasi bgt buat berjuang masuk HI UI, skrg tujuan saya udah jelas.. sampai ktmu disana kak mudah2an saya udh jadi MABA UI’13 jurusan Hub. Internasional😀 amiiin

  16. Mohon konfirmasinya tentang info fakultas HI yg saya peroleh, apakah benar kuliah di HI harus menguasai 5 bahasa asing? Thanks sebelumnya🙂

  17. I want it too this is my Last year i hope i’ll be able to enter in International relationship in one of university in Indonesia. Amin

  18. wah, menginspirasi sekali kak!
    sebelumnya saya seorang pelajar dr SMAN 20 Bandung, berminat untuk masuk HI UI di th 2013 ini.
    mau nanya, di HI itu banyak gak ya orang orang IPA? soalnya saya dr IPA. Lagi “galau” takutnya salah memilih jurusan. Tapi saya ngerasa bakal salah lagi kalau milinya jurusan IPA, karena saya gak suka teknik atau sejenisnya.

    terus, gimana ya kak caranya biar ngerasa enjoy kuliah di HI? misalkan dalam hal kakak menghadapi kebosanan ketika kuliah.

    trimakasih kak, kalo bisa balas ke email…hehe.

  19. Siapapun anda, yang menulis ini, terimakasih karna anda sangat membantu dan menjadikan keyakinan saya untuk mengambil jurusan HI menjadi total! thanks ya, anda juga orang hebat.

  20. waktu masih dibangku SMA jurusan apa yang anda ambil? IPA/IPS? sebenarnya apa benar IPS lebih menunjang masuk ke jurusan HI? terimakasih

  21. Hai:) ini inspiring sekaligus bikin merinding karena aku pengen banget masuk HIUI hehe gak nyangka sebegitu berprestasinya anak-anak di HIUI. Salut juga sama pilihan kakak buat lanjutin demi akreditasi sekolah. Semoga sukses ya ka dan semoga kakak bisa jadi seniorku aamiin^^

  22. apakah saya mampu masuk HI , karna saya ini berasal dari keluaga yang cukup sederhana, give me your best motivition okkk….!

  23. maaf nih k”,, aq mau nanya nih, krn kk” prnah ikut tes beasiswa mitsui-bussan,, dan lulus tes tertulis.. rencananya, saya jg mau mencoba program mitsui tahun ini. kira2 utk dokumen2 ny apa saja ya k”?
    saya dengar2 utk surat rekomendasi sekolah harus berbahasa inggris ya. nah rata2 nilai yg mesti bernilai 7 itu nilai rata2 dari kls brp? 1,2, atau 3…
    pertanyaan terakhir dan paling penting nih k”,, utk soal tes matematika ny kira2 tentang apa aja? biar saya bisa menyiapkan diri jauh2 hari…
    terima kasih k”! ^_^

  24. masya Allah, postingan kaka buat saya jadi termotivasi. dari dulu saya menginginkan HI bahkan sekarang saking niatnya saya mati-matian pertahanin buat ada di ips karna jujur di sma 17 makassar ips kayak di diskriminasi sama siswa disini. kak persaingan di HI itu luar biasa yah? dulu kakak ips atau ipa? mhon diblas, twitter kakak dong. boleh?😀

  25. thanks udh post ini.alhamdulillah snmptn udh daftar HI-UGM.walaupun kata beberapa guru itu impossible ,soalnya gradenya tinggi.but aku ga akan nyerah..haha
    wish me luck guys!

  26. Halo maaf teman2 semua, saya membalasnya agak lama karena udah kurang update blog. Mungkin saya akan menjawab garis besar pertanyaan teman2.
    1. Apakah anak IPA bisa masuk HI? Sangat bisa, di angkatan saya sendiri cukup banyak anak IPA nya dan mungkin bisa dibilang merata antara IPA dan IPS. Rata2 mereka yang IPA sewaktu SNMPTN tulis ambil IPS murni. Dan untuk yang undangan pun ada yang dari jurusan IPA juga
    2. Peluang kerja HI?
    Peluang kerja HI itu sekarang spektrum nya sangat luas. Bisa dari jurnalis, diplomat, konsultan, PR, NGO, LSM, MNC. Sangat besar peluangnya
    3. Mitsui Bussan tes nya bagaimana?
    Wah yang ini saya agak lupa dengan proses aplikasi dan segala macamnya. Yang saya ingat cuma tes matematikanya tergolong mudah karena sewaktu hari H tes sendiri saya sebelumnya tidak belajar sama sekali. Mengandalkan materi yang masih menyangkut di kepala saja semenjak UN.
    4. Bagaimana mengatasi kejenuhan di HI?
    Pastinya dengan aktif di kegiatan non akademis. Saya tergabung di berbagai organisasi dalam kampus dan luar kampus, serta berbagai event besar

    Terakhir, masuk HI itu memberikan banyak peluang untuk mengikuti kompetisi di luar negeri. Saya sendiri baru saja mengikuti Harvard National Model United Nations di Boston, US. Untuk kalian yang ingin masuk HI, saya tunggu ya🙂

    1. wah pengalaman kakak sangat menginspirasi😀 kl boleh tahu untuk awal-awal tahun apa saja yang dipelajari di jurusan HI ?
      apakah bisa materinya kita peroleh dengan mudah di internet ?

      kalau boleh minta alamat fb nya biar bisa nanya-nanya lagi🙂 trima kasih dan mohon balasannya

    2. Kak, mau nanya nih. Kalo misalnya kita ikut dari jalur testing, matematika diutamain banget ya?
      Saya dari IPA kak, pengen masuk HI. Hehehe..

  27. WOW.. THAT IS AMAZING.. !!
    banyak pertanyaan yang ada d benak saya dan semuanya telah terjawab diatas dengan jelas, tinggal action nya..
    thank’s a lot kak,
    sya minta do’a nya kak, semoga sya bsa ke terima di HI dan bsa menjadi penerus yg mengimbangi bahkan lebih.. Amin.. walaupun hanya dengan bermodalkan kemauan yg keras serta do’a..
    Saya sangat yakin..
    Impossible is nothing for god..
    once more, Thank’s a lot..

  28. What a very inspirational story.Good to know kalau siswa/siswi yang sudah terlanjur ambil jurusan Science masih ada kesempatan untuk ambil HI.Terimakasih untuk infonya😀

  29. can I talk to this bolg writer ?
    what does I can learn to get in HI department ? what lesson I can study first ?
    I get to university this years , 2013 ( Amin ) .. can u give me Idea or suggestion for this ?
    Kumawo eo ^-^ *talk-in-korean

  30. wah kita sama dong kak haha!
    gue dari smp emang udah ngidam hi ui wkwk.
    dan ALHAMDULILLAH keteima deh tahun ini.
    kalau mau masuk HI UI mending ambil jurusan IPS deh kaya saya.
    kan HI itu memang belajar pelajaran sosial seperti sejarah ekonomi sosiologi pkn.
    anak IPA mending gak usah “nyebrang” deh jurusan kuliahnya nanti kasihan anak IPS udah mati2an belajar ekonomi akuntansi geografi selalu diremehkan dan dianaktirikan lagi.😀

  31. Aku siswi SMA kelas 11 kak, dari Magelang. Dari awal kelas 11 aku udah berusaha nyari informasi seluas luasnya ttg jurusan kuliah. Dan aku dari kelas 10 udah tertarik sama jurusan HI dan ekonomi. Dan pas bgt aku di jurusan ips ini. Setelah baca uraian kakak itu mungkin sedikit termotivasi untuk benar benar mantep masuk di jurusan HI. Tapi kendalanya mungkin bisa dikatakan nilaiku biasa biasa aja kak. Bahkan olimpiade atau lomba lomba gak pernah ikut. Gak berminat dan mungkin ilmu aku juga pas pasan. Tapi aku juga lagi berusaha bagaimana biar nilaiku bisa naik walaupun naiknya sedikit buat berusaha ikut yg snmptn. Di snmptn nanti aku bener bener bingung kak pengen milih univ favorit tp melihat saingannya yg pinter pinter se Indonesia bahkan membuat saya benar benar down. Apalagi smbptn yg katanya tingkat kesulitan soalnya 5x UN. Pengen milih univ favorit seperti UGM yg dekat dgn rumah dgn jurusan HI dan manajemen/akuntansi tp melihat nilai raport saya membuat sedih juga. Tolong kak balas yah mungkin bisa lewat email. Benar benar lg butuh konsultan kak. Mungkin kakak bisa membantu. Terimakasih:)

  32. Hi kak, dan salam kenal semua. Saya baru naik kelas 3 SMA ini, saya lumayan tertarik dgn jurusan HI karna saya suka bahasa Inggris dan juga ingin bekerja di luar negeri. tapi saya belum tau banyak tentang Hubungan Internasional, jadi apa yg saya harus pelajari agar bisa masuk ke HI? Makasih.

  33. Ya ampun ka, sumpah dah sama. Saya di terima HI- unila jalur SNMPTN undangan, saya juga iseng milih HI. Karena orang tua saya menyaran kan untuk ambil FKIP Penjas saja. Tapi nama saya ada dalam HI. Semoga saya bisa sukses seperti kakak, bacaan yg sangat menginspirasi banyak orang ka. THANKS🙂

  34. Mau tanya dong, apakah jika murid SMA jurusan IPA masih berkesempatan untuk masuk HI? Apakah benar2 dibutuhkan lulusan ips untuk jadi murid HI? Mohon info, terimakasih

  35. saya dari kecil memang bercita-cita masuk jurusan HI dan jadi diplomat. setelah membaca tulisan ini saya jadi kembali bersemangat. apalagi sekarang saya sudah kelas 3 sma. jadi makin pengen masuk HI🙂

  36. aku juga baru mau masuk HI ., sebenarnya apa aja sih yang dipelajari HI ???? dan apa yang harus dipersiapkan supaya bisa dengan mudah mengikuti materi kuliyahnya ???? thx🙂

  37. wah ketemu ama senior disini…

    salam kenal ka, saya dari HI UI 2013 :3

    TKHI kapan kak ??

    tgl 27 desember keatas gak ada kan ???

  38. Hebatt !!!
    Saya kelas XI SMA dan ngambil jurusan IPS rencananya saya mau ngambil Hubungan Internasional pas waktu kuliah nanti apa ini prosedur yang benar? kak rata2 raport kakak berapa? biar bisa jadi patokan buat saya nanti soalnya saya pengen daftar snmptn ^^ mohon dijawab🙂 trims

    1. saya berminat untk masuk hubungan intrernasional di ugm dan saya ingin mnjdi seorang diplomat.tapi saja juga brminat pendidikan biologi unima manado.binggung mau ambil yg mana trbaiknya?!

  39. kak,kalo masuk HI apa aja yang musti kita kuasai?
    saya jurusan IPA,apa bisa masuk HI?
    tesnya meliputi apa saja biasanya kak?

    mohon dijawab,terimakasih🙂

  40. Hayo,,, pilih IPB
    IPB bagus…
    wets, mungkin emang di kepala orang2 pas dengar IPB pasti lgsg nanya… Pertanian?? hello, ngapain coba kuliah di pertanian?… kumuh, nyangkul, petani, hutan, miskin, kuper atau apapun itu hal yg buruk2 yg ada di kepala kalian… sy cm mau bilang bahwa pertanian bukan cuma ttg hal2 itu guys… pertanian itu keren.. Ratusan juta rakyat Indonesia bergantung dari matapencaharian ini. Ratusan juta rakyat Indonesia hidup dari pertanian!
    Prospek?
    Jangan ragu. Kalau di bidang pertanian, IPB ngga perlu diberikan pertanyaan dan keraguan apapun. Mungkin yang ngga kalian tau, IPB punya kepanjangan lain lo.. Institut Perbankan Bogor! Percaya nggak? Haha.. Kembali ke temen2 kok percaya atau ngga.. alumni IPB adalah alumni yang dikenal membanjiri semua Bank! Bukan cuma anak2 dari Fakultas Ekonomi yang membanjiri Bank, tapi banyak yang dari jurusan lainnya seperti Fisika, Industri dsb juga turut bekerja di Bank. Jadi mohon maaf buat univ lain yang selama ini bernada protes ke IPB, kenapa ‘lahan’nya dikuasai IPB. Kata Pak Dekan, ‘ya jangan salahin anak2 IPB dong yang punya kemampuan di segala bidang..’. Haha.. Peace ah! :p
    Nah, tadi kan saya bilang Institut Perbankan Bogor, sekarang saya mau kenalin nama yang ngga jauh beda. Institut Pengusaha Bogor! Yah..! Here we are! Saya ngga tau harus nunjukin bukti yang mana untuk nama yang satu ini. Karena saya sendiri geleng2 kepala. Betapa jiwa bisnis dan pengusaha dari mahasiswanya, CRAZY! Semua dibisnisin. Bahkan ada temen sekelas saya, -padahal baru beberapa bulan kita di IPB- dia buka usaha di bidang peternakan, sampai dia dan teman2 grupnya, bisa masing2 beli laptop+motor sendiri dengan uang mereka sendiri! Gila! Seumuran saya bisa seperti itu.. tiap bulan entah berapa puluh juta uang masuk ke kantongnya.. Itu cuma dari angkatan saya. Angkatan2 di atas saya apalagi. Contohnya, pengusaha muda terbaik se-Indonesia, Elang Gumilang. Kebetulan si kakak ini alumni jurusan Manajemen, FEM IPB (jurusan saya, hehe..) Kalian bisa search sendiri ya tentang apa yang dibuatnya.. Biar saya ngga dibilang mengada-ada.🙂
    IPB punya visi untuk menjadikan Indonesia negara dikjaya dengan kemampuan pertanian yang luar biasa! Mau turun ke lapangan langsung, atau di bawah atap gedung, IPB akan terus mengawal pertanian kita. Ciyeee… ahhaha..
    Baiklah, kembali serius. Kalo tadi saya jelasin tentang perbankan dan jiwa bisnis anak IPB, sekarang tentang pertanian itu sendiri. Untuk jurusan2 seperti Tekpang (teknologi pangan), gizi, teknologi industri pertanian, amat jelas lahan kerjanya.. bisa di BPOM, perusahaan2 makanan apapun itu, Nestle misalnya, perusahaan kopi, dan aaaah.. banyak deh!

    Akses IPB ke Luar Negeri?
    Where there is a will, there is a way! Bagi yang punya keinginan buat mengecap manisnya study di luar negeri, IPB jawabannya. Dosen2 kami hampir semuanya menyelesaikan S3 di luar, paling banyak kayanya dari Jepang. Mahasiswa? Sangat amat sering…

    Oh iya main2 ke website ini yah buat tau bnyak ttg IPB http://ipb.ac.id/

  41. halo kak. saya Tya 17y.o. saya bingung memilih jurusan kuliah maunya sih di HI. banyak yang bilang di HI itu harus pintar berbicara, pintar berdebat, bahasa inggrisnya harus lancar, dlsb. akan tetapi saya tidak mempunyai kemampuan bicara yang baik, dan juga tidak pintar berdebat. Modal saya masuk HI karena bahasa inggris saya yg lumayan bagus jika dipersenkan mungkin 80% lah. Saya sebenernya juga tidak begitu mengerti tentang diplomasi dan politik. Sedangkan di prospek kerja HI semua membutuhkan skill bicara yang bagus . Tolong kasih solusi dong kak.

  42. Wah kamu benar2 hebat sekali kak bisa masuk ke UI (y)
    Aku mau nanya ni kak, aku kan sekarang kelas 3 SMK jurusan TKJ dan sebentar lagi bakalan tamat
    Sebenarnya passion aku sih lebih ke b.inggrisnya, jujur kalau hal yg berbau politik aku kurang minat TAPI kalau hal2 tentang luar negeri seperti budaya/ selain politiknya aku suka
    Nah ini yang membuat aku bingung kak,kalau aku memilih jurusan b.ingg
    Peluang kerjanya palingan akan jadi guru nah aku gak ada minat jadi guru kak
    Ntah kenapa aku lebih minat ke HI tapi aku gak yakin apa aku bisa memahami masalah politiknya kak
    Nah yang ingin aku tanyakan ke kakak
    1.Apakah tamatan dari smk jurusan tkj (teknik komputer jaringan) bisa masuk ke jurusan HI ?
    2.Bahasa apa yang paling utama harus dikuasai di HI selain b.inggris?
    3.Apakah menjadi diplomat harus lulus S2 ?
    4.Pelajaran apa saja yang akan dipelajari di HI?
    5.Universitas negeri apa yang paling bagus di jurusan HI nya?
    Maaf pertanyaannya terlalu banyak kak, Tolong dijawab pertanyaan saya ya kak, terima kasih🙂

  43. KAK.., sperti yg kaka ktakan orng yg kuliah jrusan HI pda hebat2 thu… nah bbgaimana kak kalo kta pnya IQ yg renda(tpi sya mau usaha agar nilai rapor sya bgus)..trus mudah gak nyari profesi lulusan HI(Tkut aja kak,skrng kan bnyak sarjana pengangGURAN) MOHON di reply

    makasih

  44. Kak? Kalau masuk HI SMA-nya harus jurusan IPS ya? Saya masih kelas 3 SMP, saya sangat berminat masuk HI nantinya kuliah. Tapi yang jadi masalah, SMA nanti saya lebih minat buat masuk jurusan IPA, gimana dong? Apa harus dari jurusan IPS? Kalau dari jurusan IPA sulit gak buat masuk HI? Kemungkinan masuk HI dari jurusan IPA gimana?

  45. Saya masih kelas 3 SMA di salah satu SMA Negeri di Palembang. Saya tertarik dgn jurusan ini.. Mohon info pendaftaran n biaya nya bang

  46. halo kak..
    aku juga punya cerita yang sama nih sama kakak. milih HI, tapi bedanya di UNHAS dengan pilihan ngasal kak. kalo boleh tau peluang kerja HI bagus tidak? trus lowongannya apa aja?

  47. Wow bagus banget pengalamannya,terimakasih atas motivasinya..
    Kx ,,,,kalau anak IPA Masuk jurusan HI gimana peluangnya,,,,,dilihat dari cerita kakak tadi,berati hanya orang2 cerdas saja yang bisa masuk HI.

  48. Kak, pengalamannya mirip banget kaya yg aku alamin sekarang
    Oiya kak bisa gk kita sharing gitu ? Soalnya aku ngerasain juga tuh yg kakak bilang secdil itu :’
    Makasih sebelumnya

  49. kakaaaa doakan saya mau masuk HI di UI juga yaa… semoga bisa ketemu.
    salam hangat terima kasih atas semangatnya ka😀

  50. Kak aku skrg kls 3 SMA. Jurusan IPA. Pertengahan kelas 2 entah aku jadi lebih suka politik. Karena itu juga aku ikut OSIS dan jadi leadernya. Terus akhir2 ini suka cari cari sejarah indonesia maupun luar negeri. Aku mau dan minat bgt ke HI. Tapi apa anak IPA bisa ke HI?

  51. hai ka,saya kan sdh klas 3 SMA jadi saya nanti ingin mengambil jurusan HI biasa nya kan ada universitas yang melihat 50% dari SMPTN dan 50% dari SMBTN kira” tes nya gmna ya agar bisa lolos dalam tes nya,kebetulan karna saya di SMA jurusa IPA saya minta saran dan informasinya ….

    1. Kalau mau ditanya gmana cara lolosnya? Pastinya banyak belajar dan rajin ikut les2. Kalau snmptn undangan hanya bisa ditolong kalau memang sudah niat memperbagus nilai dari kelas X

  52. Baru kelas XI SMA dikudus bingung mau ambil jurusan apa. Antara komunikasi sama HI, pengennya sih HI UI tapi bahasa inggrisku belum fasih, belum ada pengalaman ikut lomba berbau english. Skrg lagi bener2 berjuang. Dan mungkin saya sedikit lemah di speakinnya. Btw jurusan HI yang diterima lewat SNMPTN berapa ya? Oiya saya juga punya temen SMP skrg sekolah di SMA 8 JAKARTA tapi skrg baru kelas XI hehe. Akun sosial yang lain ada? hehe thankyouu

  53. kak, sekarang aku udah kelas 2 SMA dan bener2 lagi bingung buat nentuin pilihan nantinya,, nah, tiba2 kakak aku nyaranin buat milih HI nanti pas lulus jadi mulai saat itu aku nyari2 informasi tntng jurusan HI.
    akhirnya pelan2 aku mulai tertarik sama HI dan langsung suka, pengen bnget ambil HI nnti .. tpi yg bikin aku ganjel itu aku dari IPA, aku pesimis bisa masuk HI aplagi bnyak anak IPS yg pengen banget masuk HI.kak, nilai rapor juga yah bisa dikatakn lumayan tapi aku takut ga di terima nanti tapi aku ttp usaha kok sekarng..
    Dan buat blognya maksih bangt ya kak, aku jadi lebih banyak tau dan bakal lebih semangat buat belajarnya🙂

  54. Hi and thank you for being so inspirational. After i read your experience (and ofc other people’s too) i decided to take this major. I’ve been so confused these days, but so many people (and you’re one of them) sharing stories and experiences. I’ve found plus-minus, but yaa at least you need to take the risk right? Hehe. I’m going to u.s to finish my education next month, soooo, see you on top;)

  55. kak mau nanya, kuota siswa untuk hi ui itu sebenarnya berapa? saya cari di internet cuma 25 siswa saja. kalau memang 25 itu include jalur undangan tes sbm dan simak alias kuota total atau hanya kuota untuk jalur undangan saja? terimakasih atas infonya kak

  56. halo kak, aku siswi kelas 11 IPS di SMAN 20 Bandung aku minat masuk HI, banget malah, aku mau tanya, untuk persyaratan masuk HI itu kemanpuan apa saja yang harus dimiliki, terus bagaimana peluang masuk HI melalui jalur snmptn undangan? doain ya kak 2016 aku bisa diterima di HI UNPAD

  57. Mau tanya nih, kalo di FHI kemampuan bahasa luarnya harus lancar ya? Trs saya pengen banget masuk HI tp saya kurang pede. Apa aja ya yg dipelajarin di HI? Mohon bimbingannya😊

  58. wawww,, kerenn,, (y)
    mmm,, kak bleh nnya masalah jurusan ini nggk?
    klo bleh nnya nh,,
    sejujurnya aku belum terlalu mengenal jurusan ini,,, tapi pas aku tau ada jurusan HI aku langsung tertarik,,, tpi bingung harus nyiapin apa buat masuk jrusan ini,, apa lagi aku tak sehebat kk yg d undag buat ikut SNMPTN,,, dan aku juga tidak terlalu punya bnyk prestasi kya yg kaka tulis d atas. terus gimana yah biar gak ragu dan di mudahin buat masuk jurusan HI d thun 2015 ini,,,, trima kasih🙂

  59. Wah what a great story. aku pengen bnget masuk HI, dan tmen2 aku jg bnyak yg support, tapi masih ragu soalnya pngthuanku ttg politik luar negeri dsb masih minim. Kalo soal budaya luar negeri sih aku suka banget. I like learning culture so much. Smpet kepikiran jg, nnti klo udah msuk HI trus aku satu2nya org yg gak ngerti ttg HI gmn dong? Mohon sarannya

  60. Kak thanks dah bikin tulisan ini. Jujur saya punya minat besar utk masuk HI dan info2 tentang HI bisa di share lebih lg ga ka? agar saya bisa mempersiapkan diri dan kesampaian masuk HI UI 2016, karna sekarng jg saya masih kls 2 SMA IPS di Jakarta.

  61. Hai ka, salam kenal! Mau nanya dong, aku anak ipa tapi ikutan olym geografi. HI ada nyambung2nya sama geografi ngga? Di HI belajar tentang apa aja? Thanks, ditunggu jawabannya ya :))

  62. Selamat malam kak, saya kelas 2 SMA, mau bertanya tentang jurusan Hubungan Internasional.. Boleh minta alamat email supaya bisa ngobrol lebih enak? Terima kasih kak🙂

  63. Bersyukur ka .. Saya sebaliknya .. Ingin masuk HI , tp masuk Ekonomi ..😀 merasa salah jurusan .. Tp alhamdulillah sudah selesai ..

  64. Kak,aku rencananya mau milih jurusan hubungan internasional,dan nantinya mau jadi diplomat,bisa ga sih orang tionghoa kayak aku gini jadi diplomat?
    Soalnya setahuku sih orang tionghoa sangat sedikit yang kerja di pemerintahan

  65. kaka say anak kelas 3 SMA jurusan BAHASA
    saya ini masuk Jurusan HI
    trus apa aja yang harus aku siapkan atau pelajaran apa aja yang harus saya tekuni supaya bisa gampang masuk HI

  66. Duh sama bgt kak, sy jg milih HI asal asalan awalnya pgn psikologi di ptn. Tp sy ga diterima kak. Akhirnya sy ngambil HI di swasta, skrg blm mulai kuliah, msh camaba. Pas baca blog kakak, perasaan sy jd degdegan. Takut menyesal lagi kak, soalnya waktu sma saya anak ipa jd pengkhianat ke jurusan ips. Semoga pilihan asal asalan ini berujung baik spt kakak.

  67. Hi kak, mau tanya dong, kira2 kalo SMA nya jurusan IPA bisa masuk jurusan HI gak? kakak punya temen atau senior yang dulunya dari jurusan IPA gak? mungkin ada ceritanya. aku emg gak mau pindah ke jurusan IPS, soalnya fakultas cadangan aku selain HI itu ada di jurusan IPA yaitu sistem informasi jadi aku gak pindah ke IPS. kira-kira jadi penghambat gak yaa kalo kita dari jurusan IPA tapi ngambil fakultas HI? mohon bantu jawab yg lain juga yaa

  68. Hai, banyak ya yang berminat masuk HI. Ilmu ini semakin populer ternyata.
    Bantu jawab aja ya berdasar pengalaman pribadi.

    Ingin tahu seperti apa HI? Apa sih kajian HI? Dan prospek kedepan seorang sarjana HI itu seperti apa?
    Apa yang harus dipelajari untuk bisa masuk HI?
    Ada hubungannya tidak beberapa pelajaran di SMA?
    Lalu untuk untuk SMA jurusan IPA atau bahkan seorang SMK, bisa atau tidak masuk HI?
    Dan setiap orang HI harus pintar dalam berdebat?

    Begini ya adek – adek, Saya seorang sarjana HI. Sama seperti kalian yang berminat besar untuk bisa masuk HI, saya pun mulai petualangan didunia maya mencari universitas yang HI nya jempol. Dan alhamdulilah saya berhasil masuk HI, jurusan yang langsung membuat jatuh cinta, disebuah universitas swasta ternama di Bandung. Meski swasta tapi konteks ajaran dan kajian HI itu tetap sama.

    Saya jawab dulu pertanyaan, jurusan IPA atau bahkan SMK bisa tidak masuk HI?
    Asal kalian tahu saja, Saya ini lulusan SMK Kimia. Lalu kenapa bisa pindah jalur ke HI?
    Alasannya karena sejak SD saya sudah menaruh minat yang besar terhadap dunia. Saya ingin terlibat dalam sistem internasional seperti para tokoh semisal Adam Malik, Ali Alatas dan lain – lain. Meski menghabiskan tiga tahun di SMK, passion saya tentang IPS, terutama kajian – kajian luar negeri tidak menghilang malah semakin menguat. Meski saya juga lulus dari universitas swasta, tapi pada saat proses masuk, saya juga ikut test. Test yang benar – benar test, bukan sebuah formalitas. Komposisi soalnya sama seperti ujian – ujian masuk mandiri PTN. Karena saya berasal dari jalur IPA yang ingin pindah ke IPS, maka saya ambil soal IPC. Tidak mungkin kan saya ambil soal IPA tapi pilihan jurusan kuliahnya IPS? Bentuk soal IPC itu sendiri silahkan googling atau cari buku – buku soal yang banyak dijual di toko buku. Dan pelajari itu baik – baik. Jangan putus asa bagi yang ingin menyebrang ke jalur yang berbeda. Hidup itu banyak pilihan dan menarik. Tentukan pilihanmu!

    Pertanyaan selanjutnya, apakah orang HI harus pintar berdebat?
    Menurut saya tidak juga. Debat bisa dilakukan oleh siapapun, non – HI. Dan lebih tepatnya orang HI itu harus pandai dalam mengolah dan merangkai kata yang akan digunakan untuk ber-diplomasi, representing dan bernegosiasi. Jangan langsung berpikir “Wah berat ya”. Kalian dalam kehidupan sehari – hari sudah sering melakukan ketiga hal tersebut, jadi tentu kalian sudah paham rangkaian kata seperti apa yang pantas dipakai bagi orang HI. Sebagian besar orang HI memiliki motto: SPEAK UP!
    Berbicaralah dengan lantang, suarakan pemikiranmu dan buat dunia terkagum.

    Next, ada hubungannya tidak beberapa pelajaran di SMA dengan HI?
    Sejarah dan Geografi adalah dua mata pelajaran yang paling relevan dengan HI.

    -Sejarah nantinya akan berkaitan dengan; memahami teori dan metodologi HI, memahami akar dari suatu konflik, digunakan sebagai dasar bagi sebuah penyelesaian masalah/konflik atau dalam bahasa HI disebut sebagai resolusi konflik, digunakan juga dalam mempelajari polemologi (erat kaitannya dengan resolusi konflik).

    -Geografi akan berkaitan dengan ilmu geostrategi dan geopolitik. Jadi peranan geografi dalam dunia HI itu penting.

    Sejarah dan Geografi itu saling berhubungan satu sama lain dalam dunia HI.

    Apa yang harus dipelajari untuk bisa masuk HI?
    Cukup pelajari isu – isu dan fenomena HI yang sedang terjadi. Bisa melalui media elektronik atau cetak. Jangan hanya dibaca atau dipelajari, tapi PAHAMI!
    Kajian HI itu luas dan setiap detik selalu muncul informasi terbaru.
    Jangan lupa juga untuk sedikit demi sedikit belajar politik. Dalam dunia HI, politik itu penting. Berdiplomasi, representing dan bernegosiasi itu mengandung unsur politik. Kalian harus berpikir sistematis, taktis dan paham strategi atau manuver politik.
    Ada beberapa buku bacaan yang merupakan kitab wajib bagi orang HI
    – Pengantar Ilmu Politik by Miriam Budiarjo
    – Pengantar Ilmu Politik by F. Isjwara
    – Kamus Hubungan Internasional by Jack C. Plano & Roy Olston
    Dan buku – buku sisanya bisa mengikuti jika kalian semua sudah masuk dunia HI. Ikuti mazhab apa yang dipakai oleh dosen kalian dalam mengajar HI.
    Membaca buku tentang faham – faham yang ada didunia, seperti faham liberalis, sosialis, marxis, fasis, naziisme, chauvimis, dan lain – lain, juga tidak ada salahnya. Malah saya menyarankan.

    Pertanyaan terakhir, Ingin tahu seperti apa HI? Apa sih kajian HI? Dan prospek kedepan seorang sarjana HI itu seperti apa?
    Nah, pertanyaan ini merupakan dasar bagi sebagian besar dari kalian untuk memilih HI dan ingin mengetahui lebih lanjut.
    Ilmu Hubungan Internasional atau HI, adalah suatu ilmu yang merupakan cabang dari ilmu politik dengan kajian atau ruang lingkup yang lebih luas dan kompleks. Sementara pengertian HI, adalah kegiatan interaksi yang melewati batas – batas negara yang dilakukan oleh dua atau lebih aktor dan aktor – aktor tersebut bisa people to people, people to state dan state to state.
    HI itu melingkupi ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Geografi, Sejarah dan lain – lain. Makanya HI juga disebut sebagai interdisipliner.
    Kajian HI: Politik Ekonomi Global, Etika Politik, Polemologi dan Resolusi Konflik, Terorisme dan Ancaman Global, Study Kawasan (Asia Pasific, Middle East, Europe, North America & Karibia, South America, Africa), Isyu – isyu dan Fenomena Global, Politik Internasional, Geostrategi dan Geopolitik, Diplomasi, Teori dan Metodologi HI, Analisis Politik Luar Negeri (Anapol), Politik Luar Negeri RI (Polugri) dan lain – lain.
    Jangan khawatir mengenai kajian – kajian HI. Saya pun dulu memulai dari NOL. Semester pertama masih belum terlalu mengerti, walaupun saya sudah mempunyai bekal tapi ternyata masih belum cukup, terlebih otak saya yang sudah selama tiga tahun digunakan untuk ilmu hitung, unsur, senyawa, atom dan lain – lain. Seiring dengan perjalanan waktu, pemahaman kalian pun pastinya akan mulai paham dan bertambah mengenai HI. Saya dulu mulai paham dan antusias sekali terhadap HI setelah 1 bulan menjalani kehidupan perkuliahan. Ya, namanya hidup butuh adaptasi kan?

    Sekarang mari bahas tentang prospek bagi seorang sarjana HI yang sering kali terlihat menggiurkan. Setuju dengan pernyataan saya?
    Bagaimana tidak menggiurkan, prospek tercerah bagi seorang sarjana HI adalah menjadi seorang Diplomat, yang tentu juga untuk bisa menjadi seorang Diplomat tidaklah mudah. Semangat saja tidak cukup. Butuh komitmen untuk bersedia bekerja keras. Karena ini merupakan profesi yang sangat bergengsi dan harus menyingkirkan banyak kandidat tangguh sesama sarjana HI dari berbagai universitas di Indonesia. Menjadi seorang Diplomat, berarti menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
    Selain menjadi seorang Diplomat, sebetulnya masih ada profesi lain yang sesuai bagi seorang sarjana HI, yaitu menjadi seorang jurnalis, pengamat, bahkan researcher. Seperti saya mengawali karier sebagai seorang jurnalis dan sekarang menjadi seorang researcher. Tapi tetap, target saya adalah menjadi seorang Diplomat. Saya sudah mengatakan dasar dan alasan saya untuk jadi Diplomat, bukan?
    Dan banyak juga sarjana strata satu HI yang melanjutkan kuliahnya ke jenjang lebih tinggi. Banyak yang konsisten di jalur HI, tapi tidak sedikit juga yang berpindah haluan seperti mengambil study hukum. Paling banyak berpindah ke hukum.

    Semoga jawaban dari Saya yang juga orang HI ini bisa membantu dan memberikan gambaran cukup jelas bagi adek – adek yang ingin mengambil study HI.
    Pikirkan baik – baik sebelum menentukan. Jika kalian memilih HI, pastikan kalian memilih dengan dasar “ini passion saya” bukan melihat gengsi dan popularitas yang akan didapat oleh seorang HI.
    Hubungan Internasional itu tidaklah menyeramkan, sulit atau bahkan butuh otak dengan kapasitas memori yang lebih besar agar bisa menampung lebih banyak lagi informasi tentang kajian – kajian HI. Tidak perlu panik. HI itu menyenangkan🙂

    Just remember this:

    SPEAK UP!
    Berbicaralah dengan lantang, suarakan pemikiranmu dan buat dunia terkagum.

  69. Oh satu lagi, jelas bagi seorang HI untuk memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Bahasa asing yang lazim digunakan, itu sudah cukup. Bahasa – bahasa asing lainnya atau bahasa yang menjadi pengantar di PBB, itu bisa menyusul untuk dipelajari.

    Dan jurusan Bahasa di SMA ingin masuk HI, Saya rasa mengambil paket soal IPC, karena pada dasarnya sama seperti IPA yang memiliki pola yang sedikit berbeda dengan IPS.

    Oke, semoga membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s