Cita-cita. Impian. Paksaan.

Mungkin dulu tulisan ini pernah ditulis, dulu sekali. Kali ini tulisan ini dituliskan dengan sesuatu yang jauh berbeda. Tetapi tetap singkat. Mungkin, hal ini merupakan masalah kebanyakan orang tetapi tidak disadari. Karena sesuatu menggelapkan mata mereka dari realitas sebenarnya. Garis yang membatasi antara impian dan paksaan itu sangat tipis, tidak terlihat, tidak tersentuh, dan tidak disadari. Kedua kata itu mewakili sebuah kata yang amat tegas dan jelas, cita-cita. Sebuah kata yang dimiliki setiap orang tetapi samar sebenarnya. Mengapa begitu? Apa yang menggelapkan mata kebanyakan orang?

Cita-cita itu hadir sejak dini. Semua anak kecil punya cita-cita, ingin menjadi dokter, pilot, presiden, atau astronot. Semua cita-cita yang terdengar tinggi dan menjadi keinginan semua orang.

Tapi jika sudah menanjaki kehidupan yang sebenarnya, manusia yang terus tumbuh dan berkembang menjadi seseorang yang layak disebut dewasa mulai membentuk cita-cita mereka dari ulang. Membentuk cita-cita mereka sesuai dengan tuntutan zaman.

Akuntan, pengacara, diplomat, dan dokter. Jika dibilang semua profesi itu dibutuhkan, sangat dibutuhkan sekarang. Jika banyak dibutuhkan, maka akan banyak uang yang didapat. Uang didapat, otomatis status sosial meningkat dan dapat dipandang banyak orang.

Lalu apakah itu yang sebenarnya menjadi cita-cita? Saya tidak mendiskreditkan profesi-profesi tersebut. Tapi apakah tujuan-tujuan tersebut yang ingin dicapai? Apakah itu yang diimpikan ketika kecil?

Jika dilihat kembali, cita-cita itu dibentuk. Ya, dibentuk. Bukan sesuatu yang benar-benar disukai. Cita-cita itu sesuai dengan potensi diri dan minat. Dalam diri setiap orang pasti ada minat yang sangat mendalam. Minat yang sudah ada namun tidak berani dikeluarkan dan dimaksimalkan karena merasa semua itu tidak sesuai dengan tuntutan zaman. Akhirnya semua dipendam dalam-dalam. Tidak diekspresikan, tidak dapat dinikmati semua orang.

Akhirnya bakat-bakat terpendam itu hilang. Mungkin seharusnya lahir seniman-seniman besar. Tapi kebanyakan mundur karena merasa, jadi seniman masa depan tidak menjanjikan. Mungkin juga harusnya banyak dokter yang rela membantu mereka yang benar-benar membutuhkan tetapi sekarang ini sulit sekali berobat untuk mereka yang tidak mampu karena mungkin, bukan tugas mulia itu yang dicari sekarang. Dan mungkin sebetulnya banyak potensi-potensi guru yang dapat membangkitkan pendidikan nasional tetapi lagi-lagi, cita-cita guru tidak lagi menjadi idaman karena gaji yang tidak memadai.

Cita-cita itu bukan paksaan. Jangan pernah memaksakan diri untuk menjadi orang lain. Memuaskan orang lain bukan berarti membahagiakan orang lain. Memuaskan diri sendiri, melakukan sesuatu yang disukai, dan menjalani semuanya dengan menyenangkan pastinya akan membahagiakan orang lain. Karena semua hal itu dapat dilakukan secara bebas dan tanpa berada diatas sebuah alur, alur yang sudah dibuat dan tidak akan pernah bisa berkembang.

Jika memang punya impian. Yakin bahwa hal itu akan bermakna dan berguna bagi orang lain. Mengubur sesuatu yang belum pernah dicoba bukan pilihan. Menjalaninya dan siap menerima tantangan yang ada di depan mata adalah caranya. Dunia butuh inovator, bukan yang hanya ikut-ikutan. Jadilah inovator, semua orang bisa mencipta, setiap orang bisa dikenang setiap jasanya, jika semua hal yang dilakukan penuh niat dan usaha. Tidak ada kata menyerah.

4 thoughts on “Cita-cita. Impian. Paksaan.

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/

  2. ” Mengubur sesuatu yang belum pernah dicoba bukan pilihan. Menjalaninya dan siap menerima tantangan yang ada di depan mata adalah caranya. Dunia butuh inovator, bukan yang hanya ikut-ikutan. Jadilah inovator, semua orang bisa mencipta, setiap orang bisa dikenang setiap jasanya, jika semua hal yang dilakukan penuh niat dan usaha. Tidak ada kata menyerah. ”

    quote yg bagus..
    tetep semangat..
    and keep writing🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s