Kritik Tidak Membangun

Kritik….kritik….dan kritik. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah tidak bisa lagi dihindarkan. Sepertinya kehidupan ini hanya penuh dengan masalah dan ada saja yang harus dikritik. Kritikan terus bermunculan setiap harinya, entah dengan issue apa dan berita apa. Rasanya negara ini tidak pernah ada bagusnya. Tidak ada yang bisa diangkat dan dibanggakan. Pemberitaan di media massa pun kebanyakan tentang masalah-masalah yang terjadi di tanah air. Hanya secuil saja yang mengangkat tentang betapa prestasi-prestasi membanggakan telah diukir oleh bangsa ini. Lalu apakah bangsa kita ini akan tumbuh menjadi bangsa penuh kritikan? Apa tidak bisa menjadi bangsa yang penuh pujian?

Sepertinya kebiasaan bangsa kita harus mulai diubah saat ini juga. Kritikan yang keluar tak henti-hentinya hampir setiap detik menjadi tabiat yang buruk. Kritikan-kritikan tersebut hanya membuat bangsa kita dipandang rendah oleh bangsa lain. Terlebih lagi semua kritikan itu sudah dapat dilihat oleh dunia lewat dunia maya. Semua dapat diakses dengan mudah. Tidak membuat negara ini maju, kritikan-kritikan tersebut hanya membuat bangsa kita selangkah demi selangkah mundur dan tidak siap bersaing dengan ketatnya persaingan di dunia.

Tapi apakah berarti kritik itu dilarang? Tidak, kritik sama sekali tidak dilarang. Tapi coba dilihat pemakaian kalimat dalam kritik tersebut. Jangan terkesan kritik tersebut hanya omong kosong belaka yang tidak memikirkan latar belakangnya. Kritik ikut-ikutan yang hanya membuat orang-orang tersebut terlihat bodohnya dan bagi yang tidak mengerti apa-apa akan salah menangkapnya. Pikirkan baik-baik akar masalah, kritik yang membangun dapat dibuat jika kita sendiri mengerti permasalahannya. Dan kritik yang membangun adalah kritik yang diarahkan pada statement-statement yang penuh solusi. Bukan hanya statement kosong tak berarti.

Selain itu coba dipikirkan apakah kita sendiri yang mengkritik sudah menghasilkan sesuatu yang berharga untuk bangsa ini? Apakah kita yang selalu mencemooh dan merendahkan bangsa sendiri sudah dapat membanggakan tanah air? Jika belum, coba renungkan kembali. Jika belum bisa menghasilkan sesuatu yang berharga hendaknya berusaha untuk memberikan sesuatu untuk bangsa ini. Dengan begitu bisa lebih produktif dibandingkan hanya memikirkan kejelekan-kejelekan yang bermunculan setiap harinya.

Sesuatu tidak akan pernah bermula jika bukan kita sendiri yang memulainya. Mulailah dari sekarang membanggakan bangsa dan negara. Lakukan sesuatu dan buktikan bahwa Indonesia bukanlah sesuatu yang bisa direndahkan. Setiap saat sebut nama Indonesia dengan penuh kebanggaan. Kalimat-kalimat penuh arti yang diharapkan dari para pemimpin bangsa.

One thought on “Kritik Tidak Membangun

  1. Saya setuju dengan pendapat Anda. Marilah berbuat baik kepada bangsa dan negara. Kritik tanpa solusi memang nol besar. Kritik dengan solusi itu baru elegan. Dan kampanye hitam pun sebenarnya juga jelek. Lebih baik mengajak kepada kebaikan dan menjauhi kepada keburukan. Ini memang berat. Mari maju bersama ….. ringan sama dijinjing, berat sama dipikul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s