Sensasi K-Pop

K-Pop atau Korean Pop menjadi genre musik yang sangat sensasional untuk saat ini. Genre music? Ya, genre music, coba perhatikan setiap lagu-lagu k-pop itu sendiri, pada bagian genre music, tidak ditemukan kata-kata seperti jazz, pop, dance, dan lain sebagainya. Tapi yang ditemukan adalah K-pop. Mengapa k-pop bisa menjadi sensasi tersendiri di dunia saat ini? Apa yang spesial dari k-pop? Dan apa yang bisa dipelajari dunia, termasuk Indonesia dari industri k-pop?

Beberapa grup atau penyanyi kenamaan yang namanya sudah sangat sering terdengar seperti SNSD,  Wonder Girls, Super Junior, 2PM, 2AM, Bigbang, 2NE1, TVXQ, KARA, dan masih banyak lagi, mengukir prestasi dalam industri entertainment dengan sangat gemilang dan meraup begitu banyak keuntungan. Kesuksesan mereka disusul oleh nama-nama lainnya seperti T-ara, After School, Secret, SISTAR, B2ST, MBLAQ, U-KISS, dan lain lain yang juga tidak kalah dalam meraih popularitas. Jumlah grup ataupun penyanyi di Korea sangatlah banyak, hampir semua memiliki fanbase tersendiri karena mereka memang mempunyai kualitas masing-masing. Dalam satu tahun sangat banyak grup-grup baru yang bermunculan, mereka meraih kesuksesannya masing-masing, walaupun tidak semuanya juga berhasil meraih kesuksesan penuh.

Coba kita bandingkan dengan kasus yang ada di industri musik Indonesia. Dalam setahun sangat banyak juga grup band atau artis-artis baru yang bermunculan. Tapi dengan kualitas yang sangat minim. Menjadi populer dengan cara yang instan. Akhirnya banyak pula orang-orang yang mencemooh aliran musik mereka atau pun gaya mereka dalam membawakan musiknya. Mari kita lihat kembali apa yang bisa membuat grup atau penyanyi-penyanyi Korea berhasil mendulang sukses. Pastinya mereka mempunyai kualitas yang setidaknya sudah cukup untuk dapat diterima oleh khalayak ramai dan diterima di jagat hiburan. Darimana mereka mendapatkan kualitas itu? Training, sebelum menjadi sukses seperti saat ini, mereka melewati masa-masa trainee terlebih dahulu, tidak ada yang instan, semua dilakukan dengan perjuangan. Setiap agency atau management pasti memberikan training-training yang menunjang para artis-artis itu agar dapat meraih sukses yang diinginkan.

Selain itu, mari kita lihat juga program-program musik Korea. Jelas mereka mempunyai kualitas untuk dapat ditayangkan di sebuah televisi dan terarah atau mempunyai konten yang jelas sebagai acara musik. Program-program seperti Music Bank, Music Core, Inkigayo, atau Mnet Countdown memiliki rating yang cukup baik. Menampilkan live performance-performance dan interview-interview singkat yang memberikan info yang cukup jelas tentang promo penyanyi-penyanyi tertentu sudah dapat menghibur para penontonnya. Selain itu performance yang dilakukan benar-benar dinyanyikan secara live kalaupun lipsync terjadi, itu dapat dihitung dengan jari. Bagaimana dengan program musik Indonesia? Banyak konten-konten yang bisa dibilang tidak penting dan terkadang pembicaraan-pembicaraan yang dilakukan tidak mendidik dan tidak layak untuk bisa dikatakan kategori tontonan Semua Umur(SU). Tujuan awal dari program musik melenceng sedikit. Live performance nya? Banyak lipsync? Banyak, sangat banyak. Entah kenapa penyanyi-penyanyi yang sudah punya nama besar dengan kualitas musik mereka pun bisa saja lipsync di program musik tanah air. Tanya kenapa?

 「After School The 1st Album ‘Virgin’」0429 - Shampoo 

Apalagi yang membuat industri k-pop begitu besar? Strategi bisnis. Dengan mengeluarkan teaser-teaser Music Video yang dapat dikategorikan bagus dan lagu-lagu serta gerakan yang unik merupakan faktor kesuksesannya. Promo-promo dengan mengikuti hampir semua program musik dan tampil di beberapa variety shows merupakan cara-cara yang ditempuh. Dengan begitu dapat memenuhi kepuasan fans-fansnya. Packaging CD yang menarik pun dapat meningkatkan daya jual CD original mereka. Dengan packaging yang menarik dan menampilkan keistimewaan para idola mereka, para fans siap merogoh kocek lebih untuk melengkapi koleksinya.

Sangat banyak yang dapat dipelajari dari industri K-pop, terutama kesuksesan mereka yang berhasil merajai dunia maya. Keberhasilan-keberhasilan tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi industri musik Indonesia juga. Bagaimana kualitas untuk menjadi entertainer dapat diraih tanpa harus mendapatkan cemoohan dan tetap mendidik.

One thought on “Sensasi K-Pop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s