Pandang Sesuatu dari Berbagai Sisi

Waktu itu berlalu dengan cepat, jadi jangan pernah disia-siakan. Jadikan setiap harinya itu adalah pembelajaran, petik hikmah dari setiap kejadian yang ada. Setiap hari adalah belajar, belajar bagaimana menjalani hari kedepannya jauh lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. Di hari Sabtu yang seharusnya menjadi hari yang biasa saja tetapi menjadi hari yang luar biasa. Karena, di hari ini gw belajar begitu banyak hal walaupun hanya dari sebuah diskusi kecil. Diskusi kecil namun bisa membuka pikiran.

Satu hal yang menjadi pelajaran terbesar untuk gw hari ini adalah coba pandang sesuatu dari berbagai sisi. Jangan selalu melihat dari sisi negatifnya saja tapi juga coba lihat sisi positifnya. Semua kejadian yang ada pasti ada hikmahnya, ada pelajaran yang bisa diambil didalamnya. Selama ini setiap ada kejadian yang kurang menyenangkan menimpa kita pasti kebanyakan orang hanya mengumpat dan menyalahkan keadaan dan berbagai halnya. Tidak pernah mau menyalahkan diri sendiri atau melakukan pembelaan-pembelaan yang mungkin bisa dibilang masuk akal karena telalu banyak hal negatif. Tetapi, sebenarnya pasti ada sebuah hal positif yang sepertinya sangat sulit untuk ditemukan. Sekalinya ditemukan bisa membawa aura positif yang sangat besar dan membawa kesebuah pembaruan yang sangat baik.

Pola pikir kebanyakan orang harus diubah dari sekarang. Kalau dari dulu hanya “diatur” untuk terus mencari kesalahan-kesalahan tapi sekarang coba untuk mencari kelebihan-kelebihan. Terkadang menjadi netral itu perlu juga. Tetapi, ketika memang dibutuhkan suatu keputusan, gali lagi lebih dalam permasalahan tersebut dan ambil keputusan yang terbaik. Jangan membuat dasar pemikiran yang terlalu dangkal. Jika ingin menjadi bijak, terlalu cepat mengambil keputusan bukanlah pilihan yang terbaik. Memang ada yang bilang, lebih cepat lebih baik. Terlalu lama juga bukan yang baik tetapi jika orang yang bijak, dapat mengambil keputusan yang terbaik dengan mempergunakan waktu secara bijak pula.

Seseorang yang terkurung dalam pola pikir negatif tidak akan pernah bisa berkembang. Menciptakan sesuatu yang baru harus bisa melihat kejadian-kejadian yang ada dari berbagai sisi. Orang yang bisa menciptakan sejarah dan selalu dikenang itu adalah orang yang openminded dan dapat menciptakan sesuatu yang baru dengan mencari segala hal positif walaupun pada titik yang paling kecil sekalipun.

One thought on “Pandang Sesuatu dari Berbagai Sisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s