Sekolah dengan Semangat Kekeluargaan

Harus diakui, saat ini kami sedang menghadapi fase tersulit. Fase dimana terdapat cobaan yang menimpa adik-adik kami yang sangat kami sayangi. Disini gw bukan ingin menyoroti masalah itu, disini gw bukan mau menceritakan kenapa semua ini menjadi waktu yang cukup berat untuk mereka. Tapi disini, gw akan dengan bangga memperlihatkan kenapa masa-masa ini akan kami lalui bersama-sama dengan kuat dan tanpa ragu. Kenapa mereka, adik-adik kami, memiliki banyak orang yang siap melalui masa-masa sulit bersama mereka dan siap membantu dengan segala yang kami miliki. Disini, kami satu, satu keluarga. 8 2011, 2012, 2013 bahkan alumni, semua satu!

Sore ini timeline twitter begitu ramai dengan berbagai tweet motivasi dari seluruh angkatan di SMA Negeri 8 Jakarta. Semuanya saling menyemangati. Menyemangati agar semua bangkit dari keterpurukan dan mencoba untuk memulai yang baru. “Semangat!” kata-kata yang tidak akan pernah dilupakan setiap orang. Kata-kata yang melekat begitu erat dengan setiap murid yang pernah melewati proses kaderisasi. Kata-kata yang diteriakkan dengan lantang dan tidak ragu-ragu. Kata-kata itu bisa meruntuhkan semua lelah yang tengah dirasakan. Satu kata sederhana yang bisa mengubah segalanya.

Kaderisasi itu bukan senioritas! Kalau kaderisasi itu senioritas, buat apa kami saling menyemangati? Karena kaderisasi kami bisa menemukan keluarga. Karena kaderisasi kami bisa mengerti apa artinya kekeluargaan dan apa artinya sebuah tanggungjawab. Tanggungjawab terbesar ketika mengemban kepercayaan untuk mendidik adik-adik yang amat berharga untuk kami. Adik-adik yang sampai kapanpun juga akan kami dukung dan lindungi karena kami peduli dan sayang dengan mereka. Kalau orang bilang ini semua berlebihan, semuanya salah. Anda harus merasakan sendiri bagaimana semangat ini membakar dalam jiwa kami masing-masing. Bagaimana semangat kekeluargaan ini tertanam dengan sangat kuat.

Kekeluargaan yang menjadi materi utama dalam kaderisasi tertanam dengan sangat kuat. Hal itu terus diulangi, mungkin dulu kami jengkel ketika kata-kata itu terus diucapkan oleh pemateri. Tapi sekarang kami menyadari betapa pentingnya kekeluargaan itu, dan betapa kekeluargaan itu menjadi kekuatan utama dalam menghadapi segala rintangan yang ada.

Kekeluargaan antar angkatan yang ditunjukkan kali ini membuat gw yakin bahwa kaderisasi di SMA Negeri 8 Jakarta lah yang menyatukan kami. Tanpa itu semua, mungkin kami hanya menjadi manusia individualistis yang mencari peringkat terbaik dalam akademis. Tapi dengan organisasi beserta kaderisasinya, kami menjadi satu, satu keluarga yang tidak akan pernah bisa dipisahkan ataupun pudar. Kami berjuang, dan akan terus berjuang bersama. Semangat kami untuk berangkat sekolah karena ada keluarga kami yang menunggu disana. Keluarga kami yang siap mewarnai hari-hari kami. Keluarga kami yang tidak akan pernah hilang sampai kapanpun juga!

Semua akan dilewati, semua ini akan menjadi mudah karena kekeluargaan kami selalu ada!

3 thoughts on “Sekolah dengan Semangat Kekeluargaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s