Pemerintah, Kami akan Buktikan, 2011 Bisa!

Apa yang membuat gw memutuskan untuk post dengan judul ini? Apalagi kalau bukan betapa kami, angkatan 2011, kelas XII, yang tahun ini akan berjuang untuk meneruskan pendidikan kami ke jenjang universitas, merasa dipermainkan. Dipermainkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah yang begitu tiba-tiba. Kebijakan yang sangat last minute, kebijakan yang sangat membuat kami kelabakan dengan segala kenyataan yang ada. Kenyataan bahwa sebenarnya, belum ada persiapan untuk menghadapi segala keanehan yang muncul secara tiba-tiba ini. Apa saja keanehan itu?

Bagaimana tidak dibilang aneh, kalau semuanya berubah begitu cepat. Penghapusan segala ujian mandiri diumumkan ketika sudah memasuki tahun dimana seharusnya kami sudah penuh persiapan dengan segala rancangan yang sudah dibuat dari beberapa bulan sebelumnya. Semua rencana untuk mempersiapkan diri dengan ujian-ujian mandiri yang direncanakan berada pada awal-awal tahun. Memang penghapusan ujian mandiri itu sangat baik tujuannya, agar yang kurang mampu tetapi memiliki kemampuan lebih dalam pelajaran, dapat meneruskan jenjang pendidikan. Universitas-universitas tidak lagi memungut biaya untuk biaya pembangunan. Kami tahu semua itu baik, kami tahu pemerintah ingin semua anak Indonesia dapat berkembang, kami tahu itu Pak Menteri! Tapi apa harus semuanya dibatalkan secara mendadak? Apa kami ini dipikir robot yang secara otomatis dapat merubah program di otak kami jika ada yang merubah perintah secara cepat?

Bukan hanya penghapusan ujian mandiri saja yang cukup membuat angkatan 2011 kebingungan. Kejadian ini berlaku ke gw. Sangat mempermainkan, dan gw sangat merasa dipermainkan. Bagaimana tidak? Ini bukan sekedar keputusan yang last minute, tapi sangat last minute. Gw ditunjuk oleh sekolah untuk mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar(PPKB) atau yang lebih sering dikenal PMDK UI, gw menjalani semua proses sejak bulan November. Pilihan Hubungan Internasional pun sudah sangat mantap, tidak ada keraguan. Tapi semua harapan untuk mendapatkan kuliah cepat hancur, hancur dengan sangat tiba-tiba. Pengumuman hasil seleksi yang seharusnya tanggal 22 Januari, malah menjadi perubahan keputusan secara mendadak. Kami yang terdaftar program PPKB dikejutkan dengan pembatalan program tersebut tepat pada hari H yang seharusnya menjadi hari pengumuman hasil seleksi, lebih tepatnya bukan pembatalan, tetapi program PPKB diintergasikan dengan SNMPTN Undangan, tapi bukankah itu artinya pembatalan segala proses yang telah dilewati? Benar-benar hari H, jam 12 malam baru ada pemberitahuan di website. Apa itu namanya bukan dipermainkan rasanya? Memang ada kelebihan bahwa kami bisa mengikuti program SNMPTN Undangan yang dapat memilih universitas dan jurusan yang lebih banyak, tapi penantian kami selama 3 bulan menunggu pengumuman harus dikecewakan dengan keputusan sangat mendadak, dan penantian itu harus menunggu berbulan-bulan lagi dan kami harus mengikuti proses seleksi dari titik nol lagi.

Gw yakin bahwa dengan segala keputusan yang berubah ini, semakin banyak saja bibit-bibit unggul Indonesia yang akan hijrah ke luar negeri. Terlalu lelah untuk menghadapi keputusan pemerintah. Proses penerimaan mahasiswa baru di luar negeri rasanya lebih jelas dan sedari dulu tidak pernah berubah. Pemerintah, apa anda yakin ingin kehilangan bibit-bibit unggul itu? Apa anda mau, mereka yang seharusnya membangun negara sendiri, malah menjadi salah satu faktor kesuksesan negara lain?

Pemerintah, mungkin hanya satu yang ingin kami katakan kepada anda. Kami, angkatan 2011, yang selalu menerima segala prosedur kelulusan yang berubah, mulai dari UAN SMP yang ditambahkan pelajaran IPA, sampai segala keputusan yang sangat tiba-tiba dan sangat lelah untuk disebutkan lagi satu persatu, KAMI AKAN BUKTIKAN BAHWA KAMI BISA, KAMI YAKIN KAMI ANGKATAN YANG TERLALU LUAR BIASA, SEHINGGA ANDA, MENCOBA SEMUA KEBIJAKAN BARU DI ANGKATAN KAMI! KAMI AKAN MEMBANGUN NEGARA INI, DENGAN CARA KAMI, DIMANAPUN ITU!

2 thoughts on “Pemerintah, Kami akan Buktikan, 2011 Bisa!

  1. Ayo semangat semangat!
    Jangan berharap apa yang Indonesia berikan padamu,
    tapi pikirkan apa yang kamu bisa berikan pada Indonesia🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s