Perjuangan Baru Akan Dimulai!

Dua tahun baru saja dilewati, rasanya semua sudah terasa begitu berat untuk melewati jenjang Sekolah Menengah Atas. Terlebih lagi bergelut dengan persaingan yang ketat dengan berbagai teman yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dan  guru-guru yang tidak pandang bulu dalam memberikan soal-soal ujian. Belum lagi dengan berbagai aktivitas nonakademik yang tidak pernah ada hentinya, namun memang rasanya inilah salah satu cara untuk bersenang-senang. Bersenang-senang dengan organisasi terlihat begitu aneh, tapi tidak untuk saya dan teman-teman lainnya. Salah satu cara untuk melepas kepenatan dari berbagai aktivitas akademik, walaupun pastinya di sisi lain kami juga melaksanakan hal-hal yang benar-benar menyenangkan. Pergi ke Mall, Bioskop, Internetan, dan membaca novel/komik tidak lepas dari dari kegiatan kami pastinya.

Tapi dua tahun yang berlalu itu belum ada apa-apanya, perjuangan baru saja akan dimulai. Puncak rantai makanan, sebentar lagi saya dan teman-teman saya akan berada pada posisi itu. Puncak dari semua perjuangan selama menduduki bangku SMA, puncak selama memakai seragam putih abu-abu, kelas XII. Mungkin terdengar berlebihan, tapi bagi saya, salah satu tumpuan masa depan anda berada pada titik ini. Betapa tidak, kegagalan setitik pada momen ini akan merubah segalanya. Kemalasan yang hanya beberapa menit akan berkembang menjadi berjam-jam bahkan berhari-hari dan berbulan-bulan. Pada akhirnya akan merusak semua impian dan cita-cita.

Walaupun saya sendiri belum melewati tahap itu, lebih tepatnya baru saja akan melewati tahap itu, rasanya sudah terlihat tebing yang sangat tinggi untuk dilewati. Hanya orang dengan kemauan yang kuat dan usaha yang keras dapat melewati tebing itu. Mungkin tebing itu lebih tinggi dari tembok yang membatasi  Palestina dan Israel. Terlihat sangat berlebihan, tapi inilah yang terlihat dari kacamata saya. Saya melihat perjuangan kakak-kakak kelas yang sudah dulu berada pada tahapan itu. Jatuh bangun untuk mencapai cita-cita yang diinginkan terlihat sangat berat. Belajar di sekolah, menghabiskan waktu hingga larut malam di tempat les, dan belajar lagi di rumah. Rasanya setiap hari dipenuhi oleh kegiatan belajar, waktu istirahat sangat digunakan sebaik-baiknya agar dapat melanjutkan aktivitas lagi dengan maksimal.

Saya sendiri sudah berulang kali berjanji pada diri sendiri untuk lebih giat belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi sayangnya semua tidak pernah berjalan sesuai dengan rencana. Kali ini saya benar-benar ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang saya inginkan. Mendapatkan universitas yang sesuai dan jurusan yang diingkan serta merealisasikan cita-cita menjadi seorang dosen dan mengabdikan diri untuk nusa, bangsa, dan agama.

AMIN!

*Sekedar tulisan singkat yang ingin dibagi kepada semua orang

2 thoughts on “Perjuangan Baru Akan Dimulai!

  1. ……….merealisasikan cita-cita menjadi seorang dosen dan mengabdikan diri untuk nusa, bangsa, dan agama.

    CIYE. cita-cita aya ngajar juga rupanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s