Waktu Berlalu Begitu Cepat

Rasanya baru kemarin hari senin dan rasanya juga baru kemarin saya menginjakkan kaki di SMA Negeri 8 Jakarta. Rasanya juga saya masih bingung kenapa saya bisa berada di sini, mengejar nilai dan sibuk beorganisasi. Semuanya melakukan aktivitas yang sama, terkadang semua terlihat monoton dan membosankan. Hari-hari tak pernah berubah, semua menjalankan aktivitas yang hampir sama setiap harinya seperti telah terprogram dengan software tercanggih yang ada di otaknya.

Tapi waktu membuat saya tak sempat berpikir lagi akan segala hal yang telah dilalui. Begitu cepatnya waktu membuat saya sadar bahwa waktu sangatlah berharga. Menyia-nyiakan waktu hanya untuk beberapa menit saja bisa menimbulkan masalah atau malah membuat kita tertinggal jauh dari suatu hal yang semua orang telah miliki. Pada kehidupan nyata, saya menemukan bukti nyatanya, setiap hari. Terlambat pergi ke sekolah 5 menit, dapat tercatat terlambat 15 menit di sekolah. Setiap menit, bahkan setiap detik sangat berarti untuk masa depan.

Banyak yang bilang, nikmati masa-masa SMA dengan bersenang-senang. Tapi pada kenyataannya tidak bisa dan juga pada kenyataannya saya tidak setuju dengan pendapat tersebut. Kenapa saya tidak setuju? Karena saya telah melewati semuanya. Banyak sekali pelajaran hidup yang terlewatkan kalau waktu hanya dihabiskan untuk bersenang-senang. Tapi di sisi lain, memang perlu ada waktu untuk bersenang-senang. Tapi tidak bisa terlalu banyak, seimbangkan.

Saya mengerti kenapa orang tua selalu bilang untuk mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Saya juga mengerti waktu perlu diisi juga dengan ibadah, ibadah wajib pastinya dan juga ibadah sunnah. Tidak ada yang tahu kapan semuanya berakhir. Semua orang hanya bisa berspekulasi. Spekulasi bahwa dunia masih akan ada puluhan ribu tahun lagi dan juga ada yang berspekulasi bahwa sebentar lagi kiamat. Sesungguhnya tak ada yang bisa membuktikan dan tahu kapan semuanya berakhir. Kita hanya bisa melihat tanda-tanda akhir zaman yang sudah ada saat ini.

Masih banyak yang bisa dilakukan lebih dari sekedar berspekulasi dan bersenang-senang. Semua kewajiban pasti akan menyenangkan jika dilakukan dengan ikhlas. Isi waktu kita yang begitu cepat ini dengan hal-hal yang bermanfaat. Agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

6 thoughts on “Waktu Berlalu Begitu Cepat

Leave a Reply

