Tidak Akan Menyesal Masuk IPS!

stock vector : book

Gw memilih masuk SMA Negeri 8 Jakarta, ya itu pilihan gw, walaupun bukan murni pilihan gw. Dan gw tidak bisa menceritakan kenapa gw akhirnya memilih masuk SMA Negeri 8 Jakarta, sudah ribuan kali diceritakan, dan agak malas menceritakannya lagi.  Tapi sekarang pada akhirnya gw tidak menyesali memasuki SMA Negeri 8 Jakarta karena gw suka sistem organisasinya dan gw bisa menemukan banyak alumni dengan berbagai pengalaman yang begitu menarik dan bermanfaat untuk didengarkan. Dan akhirnya gw juga membuat pilihan baru ketika gw berada di SMA Negeri 8 Jakarta, gw masuk jurusan IPS, walaupun nilai gw mencukupi untuk memasuki jurusan IPA. Terlihat sayang membuang kesempatan emas di SMA favorit itu, tapi tidak untuk diri gw sendiri…..

Gw memilih untuk masuk IPS karena memang gw mau kuliah jurusan IPS. Dan orang tua gw sangat mendukung gw masuk IPS, karena mereka sendiri melontarkan pertanyaan,”Kamu mau jadi dokter?”,”Gak”,”Mau jadi arsitek dan semacamnya?”,”Gak juga.”. “Ya udah masuk IPS aja…”.  Kira-kira seperti itulah percakapannya. Dan gw juga punya pemikiran, untuk apa gw masuk IPA dan menghabiskan dua tahun gw untuk belajar Fisika, Biologi, dan Kimia kalau itu bukanlah skill yang gw butuhkan untuk menghadapi dunia perkuliahan. Sedangkan gw sangat butuh ekonomi, akuntansi, sosiologi, sejarah, dan geografi untuk dunia perkuliahan nantinya. Walaupun gw sangat menyukai kimia, tetapi gw sudah menetapkan pilihan dan sekarang gw bisa nyatakan, gw sangat tidak menyesali masuk IPS.

IPS di SMA Negeri 8 Jakarta memang cukup spesial, satu kelas dengan jumlah kelas IPA sebanyak 8 kelas. Perbandingan yang cukup signifikan kalau dilihat dari angkat. Tapi bagi gw jangan pernah melihat kuantitas, lihat kualitasnya. Kualitas satu kelas IPS bagi gw cukup baik. Sekarang sangat terlihat, persaingan di kelas IPS cukup ketat. Dan bisa dikatakan yang memasuki kelas IPS bukan berarti orang-orang yang bodoh, melainkan orang-orang pintar. Karena ada seorang teman gw, Rani, dia punya prestasi yang sangat baik sewaktu di kelas X dan dia memutuskan untuk masuk IPS karena memang itu pilihannya, dan dia membuktikan dengan nilai-nilai yang sangat baik dan berhasil mendapatkan peringkat pertama di kelas IPS.

Gw sendiri berusaha menunjukkan totalitas di IPS karena memang saya menyukai pelajaran-pelajarannya. Alhamdulillah dengan segala perjuangan kemarin berhasil mendapatkan peringkat ke-2 di kelas IPS. Disisi lain gw merasakan persaingan yang ketat. Tapi sejujurnya walaupun begitu, gw merasa belajar di IPS tidak terlalu menguras emosi dan pikiran gw seperti dulu. Dan hal tersebut diakui oleh sebagian besar anak kelas gw. Tidak bisa gw bayangkan bagaimana kalau gw masuk IPA, mungkin gw tidak bisa menikmati cara belajar seperti sekarang. Pastinya juga tidak bisa menggantikan asyiknya mempelajari pelajaran-pelajaran IPS yang sangat menyenangkan.

stock photo : red word Economy with 3D globe replacing letter O

Mempelajari geografi dari cara yang berbeda dan mendalami lagi berbagai ilmu ekonomi bagi gw sekarang sangat menyenangkan. Jika hal tersebut dulu bagi gw hanya sebuah hal yang tidak mungkin dan alternatif terbaik adalah, menghapal. Tapi sekarang gw mempunyai cara lain yang lebih gw suka, memahaminya. Terlebih lagi ketika kemarin gw bersiap-siap mengikuti lomba pasar modal, mendalami ekonomi, seperti pasar modal tersebut menjadi suatu hal yang begitu menyenangkan karena gw dapat menemukan berbagai hal baru yang sering gw dengar tetapi tidak gw mengerti apa maksudnya.

7 thoughts on “Tidak Akan Menyesal Masuk IPS!

  1. Dek,
    Tulisanmu penuh inspirasi .. kasusmu sama dengan aku dulu, 27 tahun yang lalu .. BIsa masuk IPA tetapi lebih memilih IPS.
    Belajar dengan hati senang biasanya hasilnya juga baik .. Itu yang membuat aku memilih IPS, pelajarannya menyenangkan & mengasikkan .. Dan akibatnya, aku bisa masuk FISIP-UI tanpa test lewat program PMDK.

    Hanya satu yang aku pesan, jangan sampai mengabaikan teknologi, terutama IT. Biarpun kita anak IPS, tetapi tetap harus update, dan tidak boleh gaptek untuk urusan yang satu itu, karena Internet adalah salah satu media ampuh yang akan membawamu mewujudkan cita-cita …

    Beruntungnya kalian yang hidup di jaman komunikasi sangat mudah dan cepat seperti sekarang ini, sekarang tinggal kita bisa atau tidak memanfaatkannya sebaik mungkin.

Leave a Reply

