Kompas MuDA Magang 2009

4937_1097397400135_1382623721_30285351_7590622_n

Sebenernya gw magang dari sebelum liburan, tepatnya satu minggu sebelum liburan. Tapi gw baru sempet nulis di blog sekarang, maklumlah! Haha. Jadi gw bakal ceritain dari awal sampai akhir tanpa spesifikasi tanggal(baca:lupa tanggal-tanggalnya. Haha).

Jadi awalnya gw sama sekali gak tahu kalo Kompas mengadakan magang selama liburan buat anak-anak SMA yang lagi naik-naikan kelas 2 sama kelas 3. Berhubung gw juga gak langganan Kompas gara-gara datangnya baru jam 7 pagi dan orang-orang rumah udah pada pergi semua jam segitu. Jadi terlihat percuma karena udah keburu nonton berita juga di TV. Jadi intinya gw sama sekali gak mengetahui soal magang ini sampai akhirnya, temen gw kasih tau kalo ada seleksi buat magang Kompas.

Alhasil, gw ikut lah. Berhubung emang cita-cita gw jadi seorang wartawan, magang bisa jadi satu dari sekian langkah yang gw coba buat mencapai cita-cita gw. Gw kirim Message lewat FB ke FB nya Kompas MuDA. Karena salah satu caranya adalah mengirimkan nama, kelas, sekolah sama motivasi lewat sms, e-mail, atau FB. Gw memilih FB karena gw lebih sering buka FB.

Setelah beberapa lama langsung ada pemberitahuan balasan lewat FB juga bahwa gw lolos menjadi 70 besar dan diharuskan mengikuti wawancara di Kompas beberapa hari kemudian buat disaring lagi menjadi 30 besar. Dan dengan segala ke-pd an gw dan gaya sok tau dan CV yang bisa dibilang mendukung dengan segala pengalaman yang ada, termasuk menjadi Ketua Redaksi GEMA(Majalah Sekolah SMP Labschool Jakarta) sama Anggota Komisi Aspirasi PK XV SMA Negeri 8 Jakarta. Gw berhasil melewati semua seleksi dan terpilih menjadi 30 besar magang Kompas MuDA. Dan gw pada waktu itu dikasih tau bakal mengikuti 3 minggu magang. Gw seneng banget pokoknya! Tapi sayangnya dua temen gw yang kasih tau gw soal info Magang ini, Dinar sama Nori gak keterima. Merasa bersalah juga sih…

Hari pertama gw menemukan 29 muka baru, 1 orang lagi gak pernah dateng. Pada hari itu juga gw baru tahu bahwa ternyata kami semua berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Gak ada yang sama. Oh iya gak ketinggalan ada 1 anak yang bakal ikutin kegiatan kami selama 3 hari karena dia sekolah di Singapura dan gak bisa ikutin kegiatan sampai akhir karena persyaratannya cuma buat anak-anak yang sekolah di Jabodetabek. Tapi sayangnya satu hari setelah itu, 1 orang mengundurkan diri, namanya Regina karena dia punya komitmen di acara lain. Hasilnya kami cuma ber-28 deh.

Orang-orangnya: Bhre(Ketua Angkatan), Gw(Aya), Fini, Christabel, Ivan, Ayash, Dikara, Ayu, Eshac, Nicho, Fikri, Odiee, Hendra, Marcel, Lazu, Yustin, Qila, Qdy, Rinta, Barry, Robin, Wais, Arya, Stephanus, Vania, Monic, Tika, Bimo. Kami ber-28 mengikuti proses magang dari awal sampai akhir.

Minggu pertama sempet disuruh cari liputan. Tapi menurut gw pengalaman paling asik di minggu pertama adalah ketika kami semua disuruh embedded(dipasangin satu-satu sama wartawan kompas buat melihat cara kerjanya wartawan). Disitu gw secara pribadi jadi ngerti banget cara kerjanya, gw ikut sama Mas Eca(reporter Kompas), ke Daan Mogot buat lihat pintu air yang dibuat oleh usaha warga sendiri. Jadi mereka udah minta berkali-kali ke Pemda DKI Jakarta tapi gak pernah diterusin dari tahun 90 an. Oh iya minggu pertama juga gak ketinggalan dimana semua magangers ketemu sama JK di Kompas dan foto bareng. Kesempatan langka, bisa ketemu sama JK dan foto bareng. Gak lupa juga sama Jakob Oetama, salah satu foundernya Kompas.

4937_1098538788669_1382623721_30288501_4688059_n

Di minggu kedua kita semua disuruh bikin liputan sesuai dengan kelompok dan tema yang udah dibikin pas minggu pertama. Gw sekelompok sama Bhre, Fini, dan Christabel. Disini gw sebagai ketua tim Fashion&Lifestyle. Oh iya sebelumnya juga hari Jumat di minggu pertama kami harus presentasi ke orang-orang Kompas, wah itu menegangkan banget. Dari 6 kelompok yang presentasi, ada 3 kelompok yang goal, dan 3 kelompok lagi harus ulang presentasinya. Alhamdulillah kelompok gw termasuk kelompok yang goal!

4937_1098979959698_1382623721_30289701_7460692_n

Jadi hari minggunya gw langsung cari liputan ke mall-mall. Bergerak cepat mencari liputan akan konsumerisme anak remaja di jaman sekarang. Jadi ya bertugas gak jauh-jauh dari mall-mall. Mall-mall seperti Grand Indonesia, PS, Sency, sampai Kelapa Gading udah ditelusuri buat observasi dan mewawancarai anak muda sama orang tua. Kami juga sempet ke SMA Al-Azhar 1 buat wawancara guru, dengan modal nekat. Kenapa dengan modal nekat? Karena sebenernya kita gak tau lagi ada guru apa gak disana, secara lagi liburan. Alhamdulillah disana ada guru, langsung deh diwawancara. Tapi kita agak kesulitan waktu wawancara psikolog. Susah banget dapetinnya, ada yang ke Jepang lah. Tapi akhirnya dapetin juga, wawancara psikolog di Kebon Jeruk! Rampung juga tugas kami dan sesuai dengan deadline. Tapi waktu itu yang dimuat tulisan kelompoknya Lazu karena emang mereka tentang kuliner dan sesuai dengan liburan. Selamat ya…

5520_1180145064722_1261046555_30499980_1544550_n

Minggu terakhir magang, kami dijadiin 3 kelompok. Jadi 1 kelompok bikin satu liputan utama dan beberapa liputan sampingan. Kelompok gw buat liputan utama tentang Fitness di kalangan remaja. Gw sendiri sama temen gw Yustin buat liputan tentang Aksi Anti-Styrofoam di sekolah-sekolah. Gw ambil sample sekolah gw dan sekolah si Yustin. Gw gak menemukan kesulitan yang seberapa pas liputan. Tapi PAS DEADLINE! Wah larian-larian di dalam kantor..haha! Hasilnya LIPUTAN KELOMPOK GW DI MUAT! YEAH!

Oh iya ini ada beberapa cerita sampingan, jadi kami ber-28 itu cepet banget deketnya. Kami juga gak cuma bekerja sebagai reporter, fotografer, sama ilustator(udah sesuai sama jabatan masing-masing kok kerjanya). Tapi banyak kegiatan lainnya juga, contohnya ya main futsal! haha. Disana juga kami dikasih makan terus, menggendut semua. Haha. Di kantor juga kerjaannya cuma Facebook-an sama Omegle-an(chat dengan stranger) aja. Kerjanya dikit-dikit aja, yang penting kan have fun. Tapi kami juga tetep ngerasain kok gimana susahnya kerja sebagai wartawan. Gak lupa ada sedikit cerita aneh, awal-awal setiap kali kami bikin kopi di kantor, rasannya selalu asem?! Tapi akhirnya ada satu spesialis kopi, si Tika, kopi buatan dia rasanya normal. Haha, akhirnya dia deh yang disuruh bikin kopi terus. Kami juga sering banget berisik, agak bermasalah dikit lah masalahnya kan kami adanya di tengah-tengah ruang redaksi sama deket ruang rapat. Agak bersalah juga sih, hehe!

4947_97540909039_751254039_1866237_5550896_n

5030_99989434039_751254039_1904179_1264124_n

Terakhirnya, hari Sabtu, dua hari sebelum masuk sekolah. Ada welcoming party. Kenapa bukan farewell party? Karena dengan selesainya kita magang, kita akan bergabung dengan Kompas MuDA community. Seru banget acaranya, di lounge XXI PS. Ada video yang direkam waktu kami masih magang, opini-opini kami, sama inagurasi, plus gak ketinggalan penampilan Maliq and D’essentials. Haha, ngerasain private party dengan Maliq di dalamnya, sebuah keseruan yang tidak terhingga. Haha, itu semua momen-momen terakhir dari magang. Tapi kami gak cuma sampai disitu, masih banyak kegiatan yang bakal kami hadirin bareng-bareng. Karena kami sekarang udah Kompas MuDA community. Jadi gak gampang dilupain begitu aja! Haha!

6600_1195606572990_1313232688_523886_4597444_n

n1597893746_30260032_3420880

5210_1166689615048_1462155205_442732_5897668_n

6420_103531279039_751254039_1960086_6791989_n

NB: DAPET GAJI JUGA LOH 40 RIBU SEHARI. LUMAYAN BUAT GAJI PERTAMA. POKOKNYA PENGALAMAN YANG GAK TERLUPAKAN, MAGANG KOMPAS MUDA!

8 thoughts on “Kompas MuDA Magang 2009

  1. Ini baru namanya alumni gema, terus berkarya, dan kamu juga bisa nulis di kompas.com. Di dalamnya ada juga kompasiana.com. Jangan lupa join di situ, Para blogger banyak yg gabung loh!

  2. wah salut nak, pasti pengalaman yang menyenangkan. hehehehe. Apalagi KOMPAS, ikon surat kabar Indonesia. Semoga itu makin membuat kamu terpacu untuk menjadi penulisa yang handal, hehehee

  3. Ka2.. Kalau boleh tau, waktu sesi wawancara apa aja sih yg ditanyakan oleh si penanya.? Mohon infonya ya kak.. Atau message lwt fb Jemmy Apriandi (jemmyapriandi@rocketmail.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s