Tips Sukses Mengerjakan Ujian Nasional

Sebenernya ini cuma sedikit pengalaman sewaktu gw ngerjain soal Ujian Nasional SMP. Mungkin aja ini bisa diterapin buat UASBN SD, UN SMP, atau bahkan UN SMA.  Tapi ini cuma sekitar tips sedikit aja. Nilai UN gw 37,80. Sudah sangat cukup buat gw, ini ada dia tips nya!

24863512392043691

1. Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal

Berhubung UN itu lebih kepada soal-soal pilihan ganda. Jadi menurut gw latihan contoh-contoh soal. Baik ulangan biasa ataupun soal-soal UN tahun sebelumnya. Beli buku-buku soal di toko buku, latihan banyak-banyak, jadi pas ngerjain soal UN bakal terbiasa.

2. Belajar Latihan Soal dari Bimbingan Belajar

Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar. Karena selaen sekolah yang punya kisi-kisi Ujian Nasional itu adalah hampir semua bimbingan belajar. Pasti mereka pengen setiap yang ikut bimbingan belajarnya sukses UN dan membuat reputasi bimbingan belajar itu jadi baik.

21126112199360551

3. Bikin Catatan Kecil di Satu Kertas HVS

Catatan ini bukan buat contekan, tapi buat mengingat dimana aja. Pas ulangan ya jangan dibawa. Bagi kertas HVS itu sampe terlipat jadi 8 bagian. Karena kertas HVS itu bisa dipake bolak-balik, jadi lo bisa catet semua materi yang akan di tes kan di 16 bagian yang tersedia. Taruh di kantong, pas kemana-mana, bisa dibawa-bawa. Lumayan buat belajar ke mana aja lo pergi. Yang tips ini gw dapet dari guru smp dan berhasil.

4. Jangan Dibawa Tegang

Hadapi dengan santai tapi serius. Pikiran jangan buat dapetin nilai yang asal lulus aja. Pikirin bahwa nilai lo itu bisa dapet yang tertinggi. Gw waktu itu gak terlalu bawa tegang. Karena gw tau gw pasti lulus, dan gw bakal dapet SMA yang waktu itu gw mau. Karena emang buat masuk SMA itu gak perlu nilai yang terlalu tinggi, masih dalam ukuran biasa aja. Tapi akhirnya gw masuk SMA 8. Hehe

5. Persiapkan Segala Peralatan buat UN

Siapin kartu ujian dan segala perlengkapan lainnya. Kalo udah lengkap, pasti gak ada yang dipikirin lagi. Ngerjain ujian juga pasti jadi enak tanpa ada beban.

Segini aja sih, semoga berguna. Hanya sedikit tips dari pengalaman sesaat. Sedikit tapi diharapkan bisa berguna untuk kalangan banyak.

16 thoughts on “Tips Sukses Mengerjakan Ujian Nasional

  1. yang jelas sih…

    kalau baru belajar pas minggu tenang atau parahnya semalam sebelum ujian ya gak bakalan bisa lah…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s