Tips Memilih SMA

Udah beberapa kali gw nanya ke beberapa adek kelas di SMP Labschool Jakarta, kebanyakan pasti menyebutkan sekolah-sekolah ternama di Jakarta. SMA Negeri 8, SMA Negeri 81, SMA Negeri 70, SMA Negeri 61, SMA Negeri 68, SMA Labschool Jakarta, dan masih banyak lagi.

19811019795612

Tapi pada kenyataannya, gak gampang buat masuk-masuk sekolah bagus kayak gitu. Dan jangan cuma memikirkan bahwa harus masuk sekolah bagus, jadi apa? Ini ada beberapa tips cara memilih SMA yang sesuai dengan diri sendiri:

1. Pilih lebih dari satu sekolah yang diinginkan

Jangan cuma terfokus sama satu sekolah aja. Kalau cuma terfokus sama satu sekolah, bisa-bisa kecewa nantinya. Misalnya aja nilai gak mencukupi atau gak lulus tes penerimaan di sekolah tersebut.

2. Pilih sekolah yang terjangkau

Disarankan jangan pilih sekolah yang jauh-jauh dari rumah. Kalau menurut gw, sekolah yang kelewat jauh dan setiap hari itu jadinya cuma kecapekan gara-gara satu hari penuh menghabiskan waktu di jalan. Selain itu, uang bensin juga harus dipikirin lagi. Kejauhan terus capek, malah buat kita jadi kecepetan capek kalo belajar. Prestasi belajar bisa aja tiba-tiba jadi turun.

3. Pilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan

Nilai UN itu sangat mungkin dapet bagus. Karena gak sesusah sama apa yang diujikan di try out. Siapapun bisa aja dapet nilai bagus. Nah makanya, di saat nilai itu bagus, tapi kalo sekolah yang kita mauin itu menampung anak-anak yang kemampuannya jauh lebih di atas kita dan kita kemungkinan agak sulit buat menyerap pelajaran dengan cara seperti itu, disarankan untuk memilih sekolah yang seseuai kemampuan, seenggaknya jangan sampe mengorbankan diri sendiri buat kemungkinan buruk. Jadi sebelum masuk SMA cari tahu dulu sekolah mana yang sesuai dengan kemampuan.

4. Sekolah yang bisa menjamin kedepannya

Walaupun memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan. Pilih sekolah juga yang kedepannya bisa membantu lo buat masuk ke perguruan tinggi. Pasti hampir semua sekolah ada link untuk ke perguruan tinggi. Jadi, pilih sekolah yang bisa menjamin masa depan lo juga!

5. SMA yang sesuai dengan pribadi sendiri

Pilih SMA yang sesuai dengan pribadi sendiri. Maksudnya jangan sampe lo gak betah di sekolah itu dan malah pengen pindah ke sekolah laen. Bayar sekolah itu gak murah. Pikirin dua kali kalo mau pindah sekolah. Kalo emang keputusannya udah mantap buat pindah sekolah. Itu keputusan sendiri. Tapi lebih baik kalo gak pindah sekolah.

Jadi itu beberapa tips memilih SMA dari gw. Silahkan dipikirin baik-baik karena pasti ada manfaatnya kok!

13 thoughts on “Tips Memilih SMA

  1. Kecenderungan dalam memilih sekolah biasanya memang dilihat dari terkenal tidaknya suatu sekolah. Semakin terkenal (bkn terkenal nakal dong ya) makin favoritlah dia. Jd wajar klo para ortu menganggap sekolah2 itulah yg pantas utk anak mereka, & para anak jg tambah stress karena belm apa2 sdh terbebani hrs masuk sekolah favorit.

    Pdhl ga jaminan jg lulusan sekolah favorit pasti jadi orang nantinya kan.

  2. Tips yg sangat bermanfaat.
    Mudah2an gadis kecilku yg sedang galau dpt memantapkan hatinya utk berbesar hati dan bersemangat belajar.
    Begini ceritanya: Anak saya diterima di smk negeri jurusan animasi tahun ajaran ini, 2013/2014, namun hatinya sedih, dia gk suka ips, gak bisa gambar pula katanya.
    Dia sebenarnya berharap sekali mendapat sma jurusan ipa. Alhamdulillah, Nilai UN cukup utk smk negeri animasi.
    Juli dan agustus berlalu, mdh2n dia cepat kembali ceria. Klo dia tetap sedih, haruskah saya pindahkan dia? Sbg ortunya, sy bingung… tak ada uang utk biaya pindah sekolah. Smk farmasi butuh 10 jt utk gedung dll.
    Bisa kasih saran?

  3. Saya kepengen masuk SMAN 14 Jakarta, soalnya saya masuk rawon daerah situ. Tapi nem saya 33,5 bisa ga yaa keterima? Sedangkan passing grade nya tinggi. Mohon bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s