Terlalu Sibuk untuk Sekedar Menghibur Diri

308511104171941

Sepertinya selama saya bersekolah di SMA Negeri 8, setiap harinya menjadi sangat sibuk. Banyak sekali urusan sekolah di luar pelajaran yang harus tertangani. Memang semua kesibukan itu saya dapatkan karena saya sendiri yang memilih untuk “menjadi sibuk”. Tapi sudah jauh-jauh saya memikirkan konsekuensi dan keuntungan yang saya dapatkan untuk “menjadi sibuk” seperti itu.

Tapi entah kenapa sekarang kesibukan-kesibukan tersebut terasa mencekik sekali. Rasanya untuk bersenang-senang saja pun sulit. Menghibur diri terasa berat. Sebenarnya saya lebih merasakan beban terberat ada pada saraf pusat, saraf penggerak seluruh bagian tubuh, otak.

Banyak sekali pikiran yang menggelayuti, mulai dari urusan satu hingga ke yang lainnya. Mulai dari pelajaran, hingga merembet ke masalah-masalah kecil di dalam kehidupan sehari-hari.  Ada saja urusan yang rasanya membebani pikiran.

Badan memang terasa lelah, namun ketika pikiran menjadi lelah, itulah titik beratnya. Saya sudah lelah, dan tidak bisa membohongi diri sendiri. Membohongi diri sendiri adalah sebuah pembohongan berskala besar. Lebih besar daripada pembohongan terhadap orang lain. Menjilat demi kedudukan ataupun uang adalah pembohongan terhadap diri sendiri.

308511070017991

Tapi saya tahu semua sudah resiko. Dan saya mencoba memahami dan memberi pengertian kepada diri sendiri. Jika saya ingin menambah pengalaman hidup, inilah momennya. Tidak dapat diundur, kesempatan tidak akan datang dua kali, satu kali saja sudah cukup.

Saya yakin bahwa lelah di saat ini, akan mendapatkan reward di kemudian hari. Saya lelah? Ya, saya lelah. Apakah saya akan berhenti? Tidak, saya tidak akan berhenti. Ini pilihan saya, saya tidak dapat tarik kembali.

Jangan menjadi orang yang tidak konsisten dengan komitmen sendiri. Ini janji saya terhadap diri sendiri.

8 thoughts on “Terlalu Sibuk untuk Sekedar Menghibur Diri

  1. malah gue pengen bgt masuk sman 8, mudah mudahn aja dapet amiiin.
    sibuk malah bikin nyaman bagi gue daripada ga ada kerjaan. hehe

Leave a Reply

