Lingkungan yang Jadi Korban Kampanye

2008x_pilgubpaku400

Kampanye selama 9 bulan rasanya menjadi ladang yang sangat menyenangkan bagi partai-partai yang akan maju pada pemilu nanti dan juga para calon anggota legislatif. Berbagai spanduk, baliho, ataupun bendera-bendera yang mewakilkan dari masing-masing partai ataupun caleg bertebaran seantero kota. Setiap mata memandang pasti ada saja benda-benda tersebut. Di jembatan, pohon, atau dimana saja, asalkan tempatnya bisa dibilang “eye catching”.

Rasanya sudah tidak tahu lagi berapa pohon yang telah dipaku hanya karena orang-orang tersebut mencari dukungan dari masyarakat. Sudah tidak tahu lagi bagaimana spanduk-spanduk itu merusak keindahan pemandangan kota hanya karena ingin memperlihatkan eksistensi demi mendapatkan suara dari para pemilih.

Sebenarnya ada tempat yang tepat tanpa harus merusak lingkungan yang ada ini. Namun memang mereka belum begitu tahu tempatnya atau sebenarnya mereka sudah tahu dan bahkan sudah sangat tahu bahwa sebenarnya ada tempat yang lebih tempat. Tapi rasanya apapun akan dilakukan demi dukungan. Dapat dimaklumi, memang kedudukan itu juga diperlukan dalam kehidupan ini.

Dibalik semua keluh-kesah itu tersimpan segelintir harapan di dalam hati. Harapan bahwa parpol dan caleg tersebut dapat membawa suara rakyat ke arah yang diinginkan dan membuat taraf kehidupan yang lebih baik daripada yang sebelumnya. Dan pastinya harapan bahwa tidak terjadinya KKN ketika tengah menjabat dan tidak pula melupakan orang-orang yang telah sepenuh hati memberikan dukungan bagi mereka yang dipilih ketika pemilu.

Indonesia membutuhkan orang-orang yang konsisten dengan apa yang dijanjikan dan dibicarakannya. Tidak perlu janji-janji palsu, tanpa disadari sudah banyak hal yang dikorbankan demi menjalani Pemilu ini dan jangan sampai menyia-nyiakan semua kesempatan yang ada di depan mata. Jangan pula mengkhianati kepercayaan yang telah dibangun oleh sekian banyak orang.

6 thoughts on “Lingkungan yang Jadi Korban Kampanye

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s