Ketika Shalat Jika Ada Maunya Saja

Shalat jika ada maunya saja? Kejadian yang sudah tak asing lagi di dunia nyata ini. Saya sendiri sudah sering melihatnya pada kawan-kawan sepermainan di sekolah. Terlebih lagi sekarang kami telah menduduki tahap akhir bangku Sekolah Menengah Pertama. Pada tahap ini, banyak sekali ujian yang dihadapkan pada kehidupan kami. Mulai dari banyaknya test yang diberikan sampai pada tekanan daripada orang tua untuk mendapatkan nilai terbaik.  Pada saat inilah kami dianjurkan untuk banyak-banyak beribadah oleh kedua orang tua serta guru-guru di sekolah. Mulai dari shalat sunnah terlebih lagi shalat wajib. Hampir tidak pernah ditinggalkan.

Pada waktu istirahat pertama, hampir seluruh siswa melaksanakan Sholat Dhuha. Pada saat Sholat Dzuhur, masjid menjadi sangat ramai, mulai dari siswa-siswi kelas 7 hingga 9 membludak berebut untuk memperbanyak pahala dan mengadu kepada Allah. Bagi para wanita mereka berebut untuk mendapatkan mukenah yang terbatas jumlahnya di Masjih Baitul ‘Ilmi Labschool.  Akhirnya beberapa siswi terpaksa menunggu mukenah milik teman yang sedang shalat dan terpaksa tidak Sholat berjamaah.

domes, stars and moon

Pada saat Sholat Dhuha, semua murid berlomba-lomba memperbanyak rakaat shalat. Kebanyakan Shalat hampir 12 rakaat, kalaupun ada yang hanya 2 rakaat, bisa dihitung oleh jari. Pada sujud terakhir, semuanya terlihat lama bersujud. Memanjatkan doa kepada Allah SWT agar bisa sukses dalam segala ujian yang akan ataupun sedang dihadapi. Tak tertinggal juga doa demi mendapatkan sekolah yang terbaik untuk tingkat selanjutnya. Rasanya beberapa menit dihabiskan untuk bersujud, memanjatkan banyak sekali doa. Tak habis-habisnya doa dipanjatkan.

The National Mosque of Brunei

Tapi setelah semua ujian selesai dihadapi, semuanya terlupakan sudah. Sholat Dhuha sudah tak seramai dulu lagi. Jika ada yang Sholat, bisa dihitung dengan jari jumlahnya. Siswa lainnya lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk makan atau bahkan bergosip bersama kawan-kawan di kelas atau di kantin. Suasana Islami sudah tidak terasa lagi. Masjid tak lagi dipenuhi oleh siswa-siswi sekolah saya.

Jangankan waktu Sholat Dhuha, waktu Sholat Dzuhur saja sudah tak seramai dulu lagi. Sedikit demi sedikit teman-teman saya enggan untuk melaksanakan Sholat. Saya pernah mendengar seorang teman berkata,”Eh lo Sholat gak? Gak usah ya..gak usah….males nih gw. Ntar aja deh di rumah. Haha”. Bagaimana bisa Sholat di rumah? Waktu kami pulang sekolah saja sekitar jam 3 sore. Waktu Dzuhur sudah sangat terlewat.

Sholat jika ada maunya saja. Jika semua sudah terlaksana, semuanya dilupakan begitu saja. Kewajiban dalam kehidupan ini tidak dilaksanakan sebaik mungkin. Mendekatkan diri kepada Allah jika ada satu hal yang berat dalam kehidupan saja. Berdoa jika ada cobaan saja dan KALAU ADA MAUNYA SAJA!

Jangan menjadi orang yang seperti itu, selalu dekatkan diri kepada Allah. Laksanakan sholat!

33 thoughts on “Ketika Shalat Jika Ada Maunya Saja

  1. sHOlat kalo ada maunya saja.. ya gitu deh

    apa cy yg kita harapkan dari kita mengerjakan sholat?
    biar lulus UAN?
    ikut2an temen?
    takut masuk neraka?
    tertarik ama keindahan surga?

    gimana kalo surga dan neraka ga pernah ada, apakah kita masih tetep ngerjain sholat ?? (kaya pernah denger kata2 ini, dimana yak??)

    kita sebagai manusia berkewajiban menyembah Tuhan
    sama halnya seperti seorang siswa di suatu sekolah berkewajiban bayar SPP dan belajar…
    kalo ga gitu, ga bakalan lulus tuh anak dari sekolahnya

    fiuhh.. kaya orang bner nih gw ngomong

    bro.. tetep kerjain sholat, apapun yg terjadi..
    jadikan shlt sbgai kebutuhan seperti halnya kita butuh makan untuk bertahan hidup

    salam

  2. seiring waktu dan pemahaman …..
    pasti saudara-saudara kita akan menjadi perlu dan butuh akan shalat…
    bukan karena ada maunya,.. tetapi karena merasa ada yang kurang klo belum shalat…

    untuk sekarang kita syukuri dan kita do’a-kan saja …

  3. Ya Allah , jauhkan hamba dari sifat seperti itu
    mohon maaf baru mampir nich , kemaren sibuk menyiapkan acara kopdar blogger sumut
    silahkan lihat beritanya di postingan terbaru
    terima kasih

  4. Sholat, cara mudah untuk mendapatkan pahala…
    Dengan sholat, nanti kita bisa panen bareng2 hasilnya di alam akherat sana untuk ongkos menuju gerbang jannah…

    Insya Allah

  5. ini termasuk salah satu sifat manusia yang inginnya menerima tanpa mau memberi.. kalo ada maunya baru berdoa,kalo lagi gak ada maunya males “memberi” dengan berdoa

  6. Allah udah ngasih kita udara gratis dan banyak nikmat yg lainnya….

    jadi mari kita sholat ( sholat wajib terutama )….!!!
    bersyukur kepada Allah.

  7. Aya … kalo ketemu dinasehati aja ..🙂

    dinasehati bahwa sholat sunnah yah kerjakan dengan istiqomah .. *meski diriku juga lom bisa aaarrrgghhhh😦 *

    yah susah deh ..

  8. sekarang mungkin biasa aja ninggalin shalat n shalat kalo lagi butuh aja, tapi pecaya deh ntar kalo udah ngerti apa itu arti dan manfaat shalat pasti nyesel kenapa ngga shalat dari dulu…
    jangan jadiin shalat itu kewajiban karena itu malah bisa ngebebanin kita, tapi jadiin shalat itu sebagai kebutuhan🙂
    nb : ini cuman berpendapat lho…jangan balik nanya saya shalatnya udah bener apa blom:mrgreen:

  9. hehehehe aduh dinasehatin nih ..
    salam kenal yoo .. anak labs raw? tau dunk tarakanita 4 rawamangun .. slm kenal .. baru ngadain project/cup gitu kan?

  10. Biasanya kalo’ orang yang sudah menjadikan sholat sebahagian dari hidupnya, spt makan, minum, mandi bahkan lebih dari itu. Orang tsb akan merasa sedih, kehilangan atau apalah namanya dan dia merasa sangat berdosa, seperti ada sesuatu yang kurang dalam hidupnya hari itu. So apakah kita termasuk salah satu dari mereka???? Cuma kita sendiri yang mampu menjawabnya, kembali ke individu masing2.

  11. kalian tau ga? klo yg dihisab pertama masuk surga adalah sholat, jd percuma kehidupan dunia perfect tp ga sholat, GAK LAKU DI SURGA, mn lg dpat siksa kubur dari munkar wa nakir,,
    drpd nyesal di kubur wa akhirat lebih baik INSYAF SEKARANG, betul kan, aya?? anak baik, hehe…

  12. Assalamu ‘alaikum wr. wb.

    Shalat itu untuk kita bukan Allah yang Maha Kaya
    Bagi saya shalat itu tempat curhat dan kebutuhan batin yang selama hampir 24 jam hanya menyentuh dunia.
    Batin kita juga butuh istirahat lho!

    forum yang menarik. Maju ya.
    Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

  13. kayaknya q jg sprty 2
    tobatttttt ahh………..
    mlai ckrng shlt adlh k’btuhan q
    q ingin jd orng yg sll d cynk 4jji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s