Siti Norsaida Tarudin

Saida Tarudin

Nama perempuan satu ini belum begitu terdengar di Indonesia seperti adiknya, Dato’ Siti Nurhaliza. Tapi karena gw adalah salah satu orang yang cukup menggemari dan kalau dalam bahasa Melayunya adalah “Peminat daripada Dato’ Siti” maka dari itu gw mengetahui cukup baik sosok wanita ini. Memang sebelumnya tidak pernah mendengar nama dia, tapi belakangan ini semakin banyak artikel-artikel media massa di malaysia yang memuat tentang dirinya dan Siti. Merasa tertarik, gw pun melihat dengan seksama setiap berita-beritanya melalui internet. Hampir setiap hari gw rajin browsing http://www.utusan.com.my, http://www.bharian.com.my, http://www.hmetro.com.my, http://sitinorsaida.blogspot.com/, http://saidafc.com/, dan masih banyak lagi web-web lainnya yang memuat berita tentang dia. Tak lupa juga gw browsing Youtube untuk melihat persembahan-persembahan dia selama di suatu ajang uji bakat menyanyi yang dinamakan Akademi Fantasia musim ke-6(AF6). Awalnya dia hanya memani adiknya Siti Saerah, namun dialah yang berjaya untuk masuk ke dalam Ajang tersebut. Ajang tersebut cukup familiar di telinga kita, dulu sempat ada ajang serupa di Indonesia, bernama Akademi Fantasi Indosiar(AFI). Kalau disini AFI mengalami keterpurukan atau tenggelam akibat makin banyaknya ajang uji bakat serupa, namun Malaysia Akademi Fantasia(AF) masih memancarkan sinarnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dirinya pun gw melihat sebagian diari AF6 yang ada di Youtube juga.

Saida Tarudin

 Personality nya yang pemalu merupakan daya tarik sendiri daripada ibu empat anak ini. Umur sudah 32 tahun, namun wajah dan sifat seperti masih berumur sekitar 20 tahunan. Orangtuanya adalah pasangan Tarudin dan Siti Salmah Bachik berasal dari sebuah kawasan di Pahang bernama Kuala Lipis. Ia merupakan anak keempat dari delapan bersaudara. Abangnya nomor 3 meninggal karena ada permasalahan pada jantungnya pada umur 11 tahun. Satu keluarga itu memang bisa dibilang mempunyai bakat menyanyi. Pernah suatu saat pada sebuah kejuaraan menyanyi di Kuala Lipis, Siti Nurhaliza mendapatkan juara 1 dan dia Ida(panggilan akrabnya) sendiri menjadi juara ke-2. Sedangkan adik Mereka, Siti Saerah mendapatkan juara 1 untuk sekolah dasar. Ibunya tak mau kalah, berhasil mendapatkan juara 1 untuk tingkat dewasa.

Konsert 3

Ia merupakan pengurus keuangan daripada Siti Nurhaliza Productions(SNP). SNP merupakan perusahaan milik keluarga sendiri. Adik beradik anak Tarudin ini hampir semuanya bekerja di SNP. Harus diakui dia mempunyai sifat pemalu yang teramat sangat. Namun itulah pesona yang terpancar dari dalam dirinya. Gw hampir tidak pernah melihat ada penghibur seperti dia. Kualitas suaranya bisa dibilang bagus, namun masih memerlukan latihan kembali agar bisa menjadi jauh lebih baik lagi. Selama mengikuti AF6 ia mendapatkan begitu banyak tekanan, tak kisah akhirnya dia pun bisa dilihat sering menangis selama di dalam Akademi. Tekanan karena banyak orang membicarakan pasal perbandingan antara dia dan adiknya, rasa rindu mendalam dengan anak dan suami, kesulitan dalam berlatih, ataupun mendengar lagu-lagu sedih yang mengingatkan dia akan keluarga.

Saida suka olahraga Futsal!

Banyak orang tak suka dengan dia, tapi lebih banyak lagi orang yang menyukai dirinya. Persembahannya sewaktu konser ke dua AF6 bisa dibilang cukup mengagumkan, ia menyihir para penonton dengan lenggokan dan suaranya yang merdu dengan menyanyikan “Dokter Cinta”. Gw sendiri lebih senang mendengarkan “Dokter Cinta” versi Saida dibandingan Dewi-Dewi(Hehe, peace!). Ketika bernyanyi ia sering sekali mengangkat tangan kirinya ke arah rambut, ia bilang bahwa itu akibat terlalu gugup. Tapi buat gw, dia sangat menghibur. Gw memang tidak mengerti teknikal dalam bernyanyi tapi asalkan gw merasa terhibur, gw bakal bilang kalau penyanyi itu”BEST!”. Sayang, ia harus keluar pada minggu ke-5 Akademi Fantasia 6, pengirim SMS AFUNDI SAIDA tak sebanyak pelajar lainnya. Mungkin memang jalannya bukan disini, namun diluar sana. Gw harap dia akan mendapatkan kesuksesan di negara sendiri ataupun di negara lain. Dan gw sangat berharap dia akan menyanyi di Indonesia suatu saat nanti. Sekarang ini dia masih berada dalam naungan Maestro Talent namun untuk 6 bulan ke depan sepertinya akan berada di bawah naungan SNP. OK LA TU….kak Ida!

NB: “OK LA TU!”, merupakan sebuah trademark Saida. Ia sering mengucapkan kata-kata itu sebagai identitas dirinya. Kata-kata itupun akhirnya mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat Malaysia. Adiknya, Dato’ Siti pernah juga mengucapkan kata-kata itu sewaktu Anugerah Planet Muzik 2008. Pada awal ucapan terima kasihnya atas kemenangan dalam satu kategori anugerah itu ia mengucapkan, “OK LA TU!”. How lovely is she? haha….ikut mempromosikan kakak sendiri juga lah. Siapa lagi? hehe.

ini ada link nyanyian dia selama di AF6:

SAIDA AF6

17 thoughts on “Siti Norsaida Tarudin

  1. >rumputsawah: ajang yang taun ini emang baru dimulai, jadinya belum ada berita2 di indonesia mengenai artis satu ini.
    >wennyaulia: hehe, iya nih baru sempet
    >itikkecil: gak banget-banget lah. kalo dibilang ngefans kayaknya terlalu gimana…gitu. hanya sekedar mengagumi namun dalam batas wajar. hehe.

  2. >tehaha: haha, sudahalah….lupakan saja semua dendam atau rasa apatis itu. berdamai saja. lagipula rakyat dengan pemerintahannya belum tentu sama, apalagi artisnya. haha.

  3. oh iya ada yang mau ditambahin, di balik dirinya yang pemalu. Dia juga sosok yang lucu dan ramah, sangat care pada orang lain. Itu pandangan pelajar AF lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s