Ujian Akhir Semester!

Huah…minggu-minggu ini lagi sibuk banget sama ujian akhir semester. Akhirnya comment-comment di blog agak jarang dibalesin(sorry ya!) Belajar penuh demi dapetin nilai bagus. Hem, udah bosen banget sama yang namanya belajar. Gara-gara ada Try Out persiapan UN atau sekedar ulangan-ulangan harian biasa, bikin muak sama soal-soal ulangan. Kalo soalnya gampang, ya gak masalah deh. Kalo udah susah, males banget gw ngerjainnya. Biasanya kalo liat soal susah dan kira-kira gak bisa ngerjain, bakal gw lewatin tuh soal. Nah kejadian-kejadian tersebut terjadi pada ulangan kali ini.

Pada hari rabu kemaren, ada dua ulangan. Jam pertama adalah pelajaran Bahasa Inggris dan gw lumayan lancar pas ngerjainnya, walaupun ada beberapa vocab(awas jangan sampe salah baca) yang gw gak ngerti. Wah, kalo di ILP bisa dicaci-maki gw, masa’ level udah tinggi-tinggi masih kagak tau vocab. Ampun! Untungnya tidak diketahui oleh oknum-oknum ILP karena gw gak niat sama sekali buat ceritain kebodohan gw itu. haha! Malu men! Gw nyelesain bahasa Inggris cukup cepat, sekitar setengah jam lebih dikit dari 50 butir soal yang disediakan(udah kayak tulisan di soalnya aja). Gw meyakinkan diri sendiri bahwa soalnya ada 50, masalahnya pas TO sebelomnya gw ampir gak ngerjain 10 nomor terakhir. Ternyata ada 60 nomor dan 10 nomor terakhirnya pas ada dihalaman paling belakang yang sama sekali tidak terlihat(kayaknya gw aja yang rada dablek gak liat soalnya. hehe).

Setelah bel berbunyi yang menandakan pelajaran pertama udah selesai, gw keluar dengan tampang bahagia dan perasaan yang biasa-biasa aja. Seperti anak kelaparan, gw jajan dengan membabi buta(rada lebay nih gw, padahal cuma beli snack satu ama aqua gelas aja). Pelajaran jam kedua adalah agama dan gw cuma belajar sedikit, maklum gw emang orangnya rada males belajar. Gw belajar dari soal-soal yang dikasih, dan lumayan bisa jawab dikit-dikit. Nah akhirnya bel yang menandakan pelajaran kedua akan dimulai, berbunyi. Gw dengan tampang bloon dan males-malesan bangkit dari duduk dan naik ke lantai atas buat masuk ke ruangan ujian. Masuk ruangan langsung pinjem rautan temen dan meraut pensil kesayangan, emang dasar gak modal deh gw. Tapi tempat pensil gw lumayan lengkap kok isinya. Nih liat aja.

kotak pensil khusus ujian!

Setelah memastikan semua anak siap buat ngerjain soal, guru-guru bagiin soal dan lembar jawaban komputernya. Kita harus mengisi dengan baik dan benar menggunakan pensil 2B. Awalnya gw mengisi nomor peserta: 5322141 dengan sangat lancar. Nah akhirnya gw baca tuh soalnya….dan……ampun DJ! Susah bener soalnya, rata-rata isinya dalil nakli semua dan gw gak afal dalil-dalilnya. Masalahnya  materinya dari kelas 7 dan kemungkinan menghafal semuanya cuma 10%, materi kelas 9 aja cuma apal dikit. Walhasil gw melewati nomor-nomor yang gw gak tau, bukan yang dalil nakli doang, masih banyak materi yang gw gak tau. Setelah mencoba mengerjakan soal-soal yang gw bisa, gw melihat berapa soal yang gw gak bisa. Ya ampun, dua puluh nomor lebih gw gak tau! hyah…sebenernya ada yang gw gak yakin, makanya gw lewatin juga. Dan dengan kenekatan gw, gw mencoba menafsirkan dalil-dalil nakli. Dengan kemampuan bahasa arab yang minim cuma gara-gara baca novel kayak Ketika Cinta Bertasbih atau Ayat-Ayat Cinta, gw menafsirkan bagaikan ahli. Dan akhirnya selesai juga, guru yang ngawas kelas gw kebetulan guru agama. Gw bilang ke dia kalo gw pusing banget dan mencoba menafsirkan ayat-ayat yang ada di kertas soal. Setelah dia lihat jawaban gw, dia bilang“Penafsiran ayat-ayatnya bagus juga…”. Wedeh, gw seneng bener deh, masalahnya muka tu guru meyakinkan gw banget. Gw yakin dia gak bercanda. Haha! Dan sekarang gw udah tau nilai agama gw…………………………………..76! Lumayan lah, masalahnya rata-rata angkatan aja 6,16. Alhamdulillah, gak ada ruginya gw baca novel-novel itu. Hyaha!

Besok adalah hari terakhir Ujian Akhir Semester, doain gw ya…IPS sama KJP! Harus Berjuang! Biar gw dapet nilai bagus. Dari ulangan-ulangan yang telah berlangsung gw paling lancar ngerjain soal Matematika sama Komputer(Kalo matematika emang lumayan, kalo komputer lancar banget ngerjainnya, masalahnya udah dikasih soal yang ampir sama persis ama ulangannya sebelomnya(emang kebiasaan sang guru sejak lama. hehe, asik abis deh!)). Udah ada dua nilai yang gw tau, agama Islam sama bahasa Indonesia. 76 dan 95! Alhamdulillah, bersyukur dengan nilai-nilai tersebut. Udah dulu ye…mau belajar lagi. Eh iya, ini dia kartu ujian gw, naas banget kondisinya, udah lecek dan gak beraturan.

5322141

NB: Sebenernya bukan gara-gara baca novel-novel itu. Aslinya sih karena gw beberapa kali baca al-qur’an terjemahan dan masih inget artinya. hehe! Biar konyol aja alesannya. haha!

16 thoughts on “Ujian Akhir Semester!

  1. Emang blogger sejati. Pas mo ujian, masi aja sempet ngeblog. *belajar gih sana*🙂

    Btw, selamat berjuang dan semoga sukses ya!

  2. Aya….gag salah nih terinspirasi nafsirkan dalil gara2 bahasa arab yg ada di AAC?? bukannya bahasa arab yg di AAC bukan bahasa arab yg baku, itukan pake bahasa amiyah yg udah agak beda ama aslinya.

    btw…blajar…blajar…nge-blog ajah

  3. >ashardi: memang!
    >adams: iya sih…hehe
    >Luthfi: hehe, thanks
    >ven: haha, sebenernya gak sih mbak….wktu itu mau nambahin NB nya gak sempet, udah mau les jadi kepepet waktu. Sebenernya kalo alesan AAC biar kocak dan lebay aja…hehe
    >Hanggadamai: Thanks!

  4. wedew, telat kasi komen neh keknya…
    berarti sekarang ujiannya dah selesai kan? gimana gimana hasilnya ?

    btw, tempat pensilnya memang lumayan lengkap…😉

  5. >realylife: thanks
    >ridu: iya nih, bentar lgi…
    >wennyaulia: Iya…
    >Fitrianingrum: udah selesai. Hasilnya lumayan lah, gak mengecewakan. Paling memuaskan matematika dapet 100. hehe.

  6. aya..sorry bgt baru hr ini bs kunjungan lagi ke blognya aya, kmaren2 koneksinya putus [ato sengaja diputus ya ?? -hmm..dunno-].
    so today udah kelar ya ujiannya🙂 . hmmm…met nikmatin liburannya deh. akhir pekan ntar jug kaya’nya mo nonton filmnya carissa putri yg direview sama aya deh. smart girl go more power yaa😉 !!!

Leave a Reply

