Saya Adalah Pembenci Buku

 

Book,Education,Stack,Multi Colored,School,Studying,Study,Teaching,University,Science,Novel,Document,Paper,Abstract,Learning,Lecture Hall,Classroom,Vibrant Color,Hardcover Book,Business,Reading,Writing,Library,Book Spine,Literature

Dulu , buku tak ada artinya sama sekali bagiku. Meliriknya saja aku tak sudi. Buku bagaikan neraka jahanam membosankan. Jika membeli buku, aku lebih tertarik untuk membuatnya menjadi sebuah pajangan. Deretan buku menjadi saksi bisu semua kejadian yang aku lakukan di dalam kamar. Mereka menyaksikanku lebih tertarik menonton TV dan mengabaikan mereka. Jika aku mengambil salah satu diantara mereka pun, aku hanya membaca komik untuk membuat saraf-saraf otak kembali relaks dan hatiku tersenyum menyentuh keceriaan. Buku pelajaran adalah benda yang hanya kusentuh ketika sekolah, itu pun karena sebuah tuntutan, tuntutan untuk mendapatkan nilai terbaik. Membaca menjadi kegiatan paling membosankan. Dulu aku selalu berpikir, apa senangnya membaca deretan kata-kata yang hanya membuat sakit mata saja. Tulisan kecil, konflik tak jelas arahnya, permasalahan global membosankan, dan masih banyak lagi yang membuat buku bagaikan benda yang membuat saraf otakku tegang dan stress mendera ke dalam jiwa. Aku sering sekali menolak dibelikan buku, aku lebih memilih dibelikan games permainan terbaru dibandingkan dengan buku.

Seiring dengan berjalannya waktu, aku berubah 180 derajat. Buku menjadi bagian terpenting dalam kehidupanku, aku tak bisa hidup tanpa membaca buku. Aku mencintai buku, hampir setiap minggu aku merogoh kantong untuk sekedar membeli buku. ย Setiap ada kesempatan berjalan di pusat perbelanjaan setempat, aku selalu menyempatkan waktu untuk menyambangi sebuah toko buku yang aku yakini memilki koleksi buku terbanyak. Sebuah toko buku terlengkap di bilangan Matraman menjadi tempat terindah bagiku. Aku bisa menghabiskan waktu selama 3 jam hanya untuk melihat-lihat buku dan kemudian membeli beberapa buku yang menarik perhatianku. Mulai dari buku sastra hingga komik aku nikmati setiap bagiannya. Mulai dari Djenar Maesa Ayu, Habibburahman El-Shirazy, Meutya Viada Hafid, Mitch Albom, Matahari Timoerย dan penulis kenamaan lainnya kubaca setiap hasil karyanya. Ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2, 168 Jam dalam Sandera, For One More Day, 5 cm, Jihad Terlarang merupakan teman terbaik sebelum tidur. Untaian kalimat-kalimat indah dan bermakna menambah pengetahuanku dalam kehidupan. Aku sadari, buku merupakan harta yang amat berharga.

Mungkin kalian pikir aku aneh. Aku sendiri menganggap diriku seperti itu. Aku tak ingat kapan pertama kali aku mencintai buku. Terlalu menyenangkan untuk diingat. Seseorang pernah mengatakan, “Memori pahit lebih mudah untuk dikenang, dibandingkan memori indah.”. Aku setuju dengan pendapat tersebut. Lebih mudah untuk mengenang waktu ketika suatu hubungan retak dibandingkan mengenang waktu ketika hubungan dibangun. Sekarang aku baru mengerti arti dari“Buku adalah Jendela Dunia”. Aku menemukan arti kehidupan dalam buku, aku menemukan pelajaran hidup dalam buku, aku mengetahu perkembangan dunia dalam buku, aku menambah wawasan pengetahuanku lewat buku, banyak pelajaran berharga yang kudapatkan dari buku. Sekarang, deretan huruf-huruf yang saling berhimpit begitu aku rindukan. Aku ingin memanjakan kedua mataku dengan membacanya, menghibur hatiku dengan membacanya. Buku mendapatkan tempat berharga dalam hatiku, dalam kehidupanku.ย 

39 thoughts on “Saya Adalah Pembenci Buku

  1. aku juga suka baca buku. asyik aja. banyak hal bisa di contoh dari buku.
    salam kenal nice 2 meet u. coba belanja buku online, diskonnya 15 persen dari harga toko buku di matraman dll. ongkos kirim gratis

  2. aku juga suka buku,, walau akhir-akhir ini aku mulai ketularan temenku,, laper mata..! sekali beli bisa 2-3,, tapi abis kebacanya lama..! hiks…

  3. >Okta: wah, tambah koleksi buku dong. jangan itu doang. haha.
    >Fadli: yoi banget.
    >hidupgembira:ngirit…ngirit. enak juga tuh.
    >tehaha: ayolah beli, toko buku tersebar dimana-mana. hehe.
    >anginbiru: jangan laper mata men…
    >hanggadamai:wah, duitnya abis…

  4. wah ngga ada kata deh ‘benci sama buku’ kecuali diktat kuliah wkt jamannya kuliah dulu.
    bagus deh klo skrng aya ga benci lg ma buku
    btw boleh pinjem ga bukunya, suka baca tp males beli:mrgreen:

  5. Membaca tambah menyenangkan pada saat kita punya tujuan atau sesuatu yang ingin kita cari dalam membaca itu.
    bte, untung lu berubah 180 derajat, kalau 360 derajat balik lagi loe๐Ÿ™‚

  6. Kalau saya dari dulu memang suka buku walau awalnya cenderung memilih untuk membaca buku-buku komik juga.๐Ÿ˜† Ya memang deretan huruf-huruf yang berhimpit sering terlihat membosankan, maka itu sang pengarang buku sering memasukkan gambar-gambar supaya kita jadi tertarik untuk membaca buku tersebut.๐Ÿ˜€ Yang sering jadi bahan perbincangan di Indonesia ini kayaknya mengenai hobi membaca.๐Ÿ˜‰

  7. aya yang baik …..salam bloging
    makasih dah kasih koment di blogku yang tak buat “rodo ra niat” cuman buat iseng aja tapi baca-baca postinganu wow membuat saya berkeinginan untuk ngeblog lebih serius lagi thanks ya… oh ya saya juga penggemar buku tapi rata2 gak suka beli buku soale harganya mahal2 so bisa pinjem gak ya koleksinya๐Ÿ™‚ becanda ding๐Ÿ˜‰ hmm kalo di jogja cari buku ada tempat murah di shoping deket taman pintar jogja belekang pasar beringharjo…. hehheheh so keep reading
    salam sukses selalu dari agus “demit” triyanto (orang biasa aja)
    pinggiran jogja Indonesia http://segoblog.wordpress.com
    ohya sekalian aku minta ijin pasang link blogmu di blogku (kalau kamu tidak berkenan harap konfirmasi ya) thnks

  8. >Streetpunk: baca komik emang asik..
    >DM: Thanks.
    >edy: wah itu sih kayaknya emang kebiasaan ya? haha.
    >Dhemito: salam blogging jga…terima kasih ya, boleh kok masang link nya.

  9. Buku? Aku suka buku, cuma sayang sekarang aku dipelosok, jauh banget dari toko buku atau perpustakaan.. Jadi gak bisa beli atau pinjam… :c

  10. buku tuh sumber inspirasi
    buku bisa bikin kita kaya mendadak
    buku bisa bikin kita jadi populer
    buku itu ilmu
    ilmu itu amanah
    amanah itu berantai dan wajib
    wajib itu tak boleh ditinggalkan
    Jadi,
    Buku itu adalah Wadah inspirasi dan harus di amalkan dan disebarkan agar kita menjadi orang yang pintar tambah pintar dan dicintai Allah SWT

  11. buku emang menarik!

    tapi sayang kadang-kadang buku yang bagus harganya mahal banget…
    nyari di perpustakaan udah habis dipinjem orang ato malah gak punya perpustakaannya…
    beli bekas, udah banyak yang rusak…

    Negara ini masih kurang perhatian buat para pembaca buku…

    32 tahun penyensoran buku merupakan pengkhianatan terhadap para pecinta buku,,,

    bagus tulisan lo…!

  12. alhamdulillaah… akhirnya kamu dapet hidayah๐Ÿ˜€
    i love books too. i always publish books reveiw on my weblog.
    let’s share our experiences after read them…๐Ÿ™‚

  13. lha,uda bags ga suka buku… jd sm ky ak….dkmrq g da buku tch,,,jgnkan komik segala mcm buku tch a g sk…. kalo dpqr2 bkn psg dwank,,,haruse pertahankan kebenciannu pd bk,,,itu bgs u/ kelangsungan hidp bangsa,,,,percayakah????????????????????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s