RSS Feed

10 Tokoh Kebangkitan Nasional

Posted on

Sepertinya gw tertarik sekali untuk menjawab tantangan dari mas daeng fattah. Setelah berusaha meluangkan waktu sebisa mungkin, sekarang adalah kesempatannya. Untuk membahas kebangkitan nasional kembali sepertinya sudah tidak perlu. Bisa dilihat pada postingan sebelumnya, 100 tahun kebangkitan nasional. Agak membosankan jika harus mengulang kembali dan bercerita kembali secara panjang lebar mengenai kebangkitan nasional. Jadi langsung saja pada pokok pembahasan.

Inilah TOP 10 tokoh kebangkitan Nasional menurut gw. Oh ya, mengingatkan terlebih dahulu, bahwa beberapa tokoh kemungkinan bukan pahlawan nasional karena menurut gw tokoh kebangkitan nasional tak harus seorang pejuang pada masa penjajahan ataupun masa-masa mempertahankan kemerdekaan selepas kemerdekaan baru direnggut di tangan kita. Ya, kembali lagi.

TOP 10 TOKOH KEBANGKITAN NASIONAL:

1. Dr. Sutomo

Kenapa gw menaruh nama beliau pada peringkat pertama? Bukan lain lagi alasannya, karena beliaulah pendiri Budi Utomo yang manakala hari didirikannya diperingatkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 20 Mei 1908, beliau bersama rekan-rekan lulusan STOVIA mendirikan Budi Utomo, organisasi yang membuat Indonesia menghadapi suatu zaman, yakni pergerakan nasional. Dari organisasi inilah mulai bermunculan organisasi-organisasi pergerakan nasional lainnya. Budi Utomo merangsang rakyat Indonesia agar lepas dari kehidupan terjajah dan menuju kemerdekaan. Setelah mengetahui kekalahan Rusia ditangan Jepang dan penderitaan yang semakin meradang, akhirnya pergerakan nasional pun berkobar di Indonesia. Dr. Sutomo sendiri tidak menetapkan tarif kepada setiap pasiennya, terkadang pasien tersebut mendapatkan pengobatan tanpa biaya. Sulit sekali mencari dokter yang seperti ini di dunia sekarang. Materi menjadi segalanya, bak Tuhan yang disembah. Bahkan terkadang lebih diagungkan daripada Tuhan. Astagfirullah….

2. Ki Hajar Dewantara

Siapa yang tidak kenal tokoh satu ini? Tokoh yang merupakan pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia pada saat zaman penjajahan. Tokoh yang terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini mendirikan perguruan Taman Siswa yang memberikan kesempatan kepada kaum pribumi untuk mengecap indahnya bangku pendidikan. Selain itu beliau juga turut serta dalam pendirian Budi Utomo. Hari Kelahirannya, yakni pada tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan. Kenapa gw menempatkan beliau pada tempat kedua? Karena selain menjadi tokoh pergerakan nasional, beliau juga menjadi tokoh pendidikan Indonesia. Tanpa beliau, bangsa kita tidak akan pernah menikmati indahnya masa-masa sekolah dan mengenyam pendidikan.

3. Ernest François Eugène Douwes Dekker

Tokoh ini masih juga berdarah Indonesia. Namun tidak sepenuhnya. Tetapi keberadaanya bagi Indonesia sangat bermakna. Beliau mendirikan Nationale Indische Partij pada tahun 1912, Nationale Indische Partij merupakan sebuah partai politik. Menilai Budi Utomo terbatas pada bidang kebudayaan saja, maka Douwes Dekker mendirikan sebuah partai politik. Ernest François Eugène Douwes Dekker masih terhitung saudara dengan pengarang buku Max Haveelar, Eduard Douwes Dekker. Douwes Dekker sendiri yang tidak sepenuhnya berdarah Indonesia, namun ia dengan segenap jiwa dan raga berjuang untuk pergerakan nasional Indonesia. National Indische Partij pun aktif dalam berbagai organisasi internasional, seperti Liga Penentang Imperialisme dan Penindasan, serta Liga Demokrasi Internasional untuk menarik perhatian dunia internasional. Douwes Dekker mencurahkan pikiran dan tenaganya demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

4. Dr. Cipto Mangunkusumo

Beliau merupakan dokter profesional yang cenderung lebih dikenal sebagai tokoh pergerakan nasional. Bersama dengan Ki Hajar Dewantara dan Douwes Dekker, beliau mendirikan partai politik Nationale Indische Partij. Pada awalnya Dr. Cipto Mangunkusumo bergerak sebagai dokter pemerintahan dibawah Belanda. Namun karena beberapa tulisannya dalam De Express yang cenderung mengkritik kekejaman pemerintahan Belanda, akhirnya beliau diberhentikan sebagai dokter pemerintahan. Hal tersebut membuat beliau semakin intens melakukan perjuangan. Bayangkan jika kita seperti beliau? Mungkin kita malah akan mengemis-ngemis kembali meminta jabatan dengan gaji layak tersebut kembali. Tapi beliau tidak, dengan sepenuh hati memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

5. Soekarno

Sejujurnya bukan tokoh kebangkitan nasional, tapi bagi gw, beliau berjasa besar dalam kebangkitan nasional Indonesia. Kebangkitan nasional bukan saja pada masa berdirinya organisasi-organisasi pergerakan nasional, namun hingga saat ini juga. Soekarno berjasa besar bagi bangsa Indonesia. Perjuangannya menjelang detik-detik proklamasi tidak dapat dilupakan. Aktif dalam organisasi PUTRA yang berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia pun tidak dapat dilupakan. Walaupun setelah kemerdekaan, pada masa demokrasi terpimpin ia bertindak bagaikan diktator, semua jasanya tak dapat dilupa. Pada saat agresi militer I ketika Indonesia terdesak, beliau memerintahkan Syafrudin Prawiranegara untuk melanjutkan perjuangan Indonesia dengan mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia. Walaupun dengan risiko ditangkap oleh Belanda karena kondisi Yogyakarta pada saat itu masih sangat rawan. Inilah semangat perjuangan yang harus dimiliki segenap bangsa.

6. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta

Beliau turut aktif dalam beberapa organisasi pergerakan. Beberapa kali ditangkap oleh Belanda tidak memupuskan semangat perjuangannya. Beberapa organisasi seperti Indische Vereeniging dan Club Pendidikan Nasional Indonesia pernah ia geluti. Perannya sebagai Bapak Proklamator menjadi faktor utama yang membuat dirinya dikenal oleh khalayak ramai. Pada sidang BPUPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, sehari setelah kemerdekaan Indonesia, beliau diangkat menjadi wakil presiden Republik Indonesia dan Soekarno sebagai Presiden Republik Indonesia.

7. Soeharto

Sepertinya banyak yang tidak setuju dengan pendapat gw yang satu ini. Tapi menurut gw, berbagai jasanya berhasil membuat Indonesia mempertahankan kemerdekannya dan maju sehingga bisa dikenal oleh dunia. Serangan Oemoem dan penumpasan PKI tak lepas dari kinerja beliau. Beberapa program yang dilancarkan semasa beliau menjabat sebagai presiden pun mampu mengangkat nama Indonesia di dunia Internasional. Indonesia mengalami kebangkitan pada masa-masa kejayaan tersebut. Kurs Rupiah terhadap mata uang asing pun tak seperti sekarang ini yang terus melambung. Kesejahteraan pun bisa dilihat, walaupun lama kelamaan Indonesia mengalami kemeresotonnya juga. Dan beliau terpaksa mundur dari jabatan presiden yang telah dijabat selama 30 tahun lebih. Namun, jasa beliau bagi Indonesia tak akan boleh dilupakan.

8. Amien Rais

Entah kenapa gw tersihir oleh pesona tokoh nasional yang satu ini. Dalam pandangan gw, beliau pun berjasa besar dalam kebangkitan nasional Indonesia. Tokoh Muhamaddiyah dan Partai Amanat Nasional ini menjadi tokoh reformasi paling dikenang. Beliau mendukung gerakan pemuda Indonesia untuk mencapai reformasi yang diimpikan. Walaupun setelah 10 tahun reformasi pun tidak memperlihatkan peningkatan yang berarti. Komentar-komentar beliau yang lugas, tegas, dan begitu mengena serta bermakna menanamkan rasa perjuangan tinggi dalam diri gw. Semangat perjuangan berkobar di dalam dada. Bisa dibilang kita bisa mengambil makna dibalik setiap kata-katanya.

9. BJ Habibie

Walaupun dirinya hanya menduduki bangku presiden tak lama, tapi ada sesuatu yang membuat beliau menjadi seorang tokoh kebangkitan Nasional. Pemerintahannya diisi dengan demo hampir setiap hari karena kepemimpinannya dianggap meneruskan Orde Baru. Tetapi beliau merupakan jenius teknologi Indonesia. Indonesia tidak memiliki anak bangsa seperti ini lagi seperti Habibie. Akan sulit untuk mencari jenius seperti beliau dalam beberapa waktu ini. Pemikiran cemerlangnya menyumbangkan berbagai macam keuntungan bagi Indonesia. Pada saat tersebut, kita membuktikan bahwa anak Indonesia bisa juga mengalahkan pemikiran-pemikiran orang jenius yang terdapat di dunia ini.

10. Susi Susanti

Akhirnya sampai juga pada peringkat terakhir. Entah kenapa gw menaruh nama beliau. Sepertinya karena gw merupakan fanatik bulu tangkis juga. Tapi banyak juga aspek lain yang membuat gw menaruh nama beliau diantara 9 tokoh nasional dalam pemerintahan. Sumbangsih beliau bagi bangsa bisa dibilang cukup besar. Diantara sekian banyak prestasi bulu tangkis yang Indonesia capai, prestasi beliau merupakan prestasi yang tak pernah dilupa oleh segenap bangsa. Ketika Indonesia masih menjalani masa-masa orde baru, beliau berhasil menyumbangkan medali emas pada olimpiade. Indonesia menjadi dikenal dalam dunia olahraga. Walaupun lebih cenderung pada satu cabang saja, bulutangkis. Semangat untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia mulai tumbuh. Satu per satu anak bangsa mulai mengharumkan nama bangsa dari berbagai bidang. Dimulai dari sini. Dari sekarang. Saat ini juga.

Sumber : Hanya sedikit dari Internet. Selebihnya pengetahuan sejarah dan nasional gw sendiri.

About these ads

About ayaelectro

I’m currently majoring in International Relations University of Indonesia. Nothing special about me. This blog is dedicated to my own critical thinking.

59 responses »

  1. Apa kata mereka ya klo melihat bangsa ini jadi kacau balau kayak sekarang? Tragisnya kekacauannya malah memuncak disaat perayaan 1 ABAD dari Kebangkitan Nasional.

    AYO INDONESIA BANGKIT DONK!!

    para koruptor jangan ikutan BANGKIT yak!! :mrgreen:

    Reply
  2. Di majalah tempo terbaru ada. Bisa buat bahan contekan, he he he ……..
    -zee-

    Reply
  3. wedew aya…mantab bener pengetahuan sejarahnya…

    hiks terharu liat susi susanti nampang disitu jd inget uber cup kmrn…

    Reply
  4. horeee pak amin masuk kategori :D

    Reply
  5. inih versi sendiri yaks? :P
    boleh jugax,……setujuh ah…. :P

    Reply
  6. buat apa merayakan hari kebangkitan nasional tanpa ada bukti bangkitnya indonesia……………………….

    welwh..welwh…

    Reply
  7. wah bener banget tuh yang pertama sutomo. liat iklannya kan? keren abis yah iklannya bener deh bener2 bermakna abis hehe ..

    loh ko ada sisusi? hehe. liat poto2nya inget buku sejarah sd . haha ada semua tuh hahaa

    Reply
  8. Dulu nilai sejarah saya selalu payah mas…
    Postingan yang bagus.
    salam kenal

    Reply
  9. wew,,nyaingin 10 tokoh nasional versi metro tipi niy…
    bagus juga yak masukin susi susanti
    bener juga dia udah berjasa,,,

    Reply
  10. soeharto ama amien rais berdampingan… cukup unik… hehehe

    Reply
  11. nambahin ah -versi saya- tokoh kebangkitan lainnya : 11. Para DEMONSTRAN , 12. BLOGGER …

    Reply
  12. GO!!!! GW TETEP CINTA PAK HARTO!!!!!

    *maaf, ini adalah contoh anak manusia yang sangat membangga kan bapak soeharto*

    ada yang anto pak harto? sini lawan gw :D :D hehehehe

    Reply
  13. GO!!!! GW TETEP CINTA PAK HARTO!!!!!

    *maaf, ini adalah contoh anak manusia yang sangat membangga kan bapak soeharto*

    ada yang anti pak harto? sini lawan gw :D :D hehehehe

    Reply
  14. Kalau Pak Amin saya kira sudah jelas pas banget masuk 10 besar. Yang heboh adalah Susi Susanti, setuju deh

    Reply
  15. Wah pas bener kalo Aya pengen jadi jurnalis…
    Perhatian bener sama sejarah….

    Reply
  16. Kalau Susi di urutan 10, sebelasnya Alan barangkali, gimana…setuju?

    Reply
  17. @kyu : gw anti SUHARTO! Mau lawan gw? ayo!!!! maen catur ya…. atau maen gaple… hihihi

    Reply
  18. jagoin yang nomor 10 deh :mrgreen:

    Reply
  19. slam kenal kebangkitan nasional tidak hanya diperingati semata, melainkan kita mabil nilai-nilai luhur dari mereka demi menjawab tantangan bangsa saat ini semakin hari semakin tidak karuan.thanks…

    Reply
  20. Jadi inget pelajaran sd nihhh… ;)

    Reply
  21. keren!! btw, makasih udah nge-link… yang nomor 10 keren! makasih, makasih udah nge-link… makasih!

    Reply
  22. Waaa. Douwe dekker yang satunya koq gada yah.
    Tapi its cool banget. Saya brterima kasih banget.
    Saya rasa di banding dr sutomo, dr wahidin sudirohusodo lebih pantas di ata. Kan gara2 dia traveling kampanye barulah dr sutomo tergerak hatinya.

    Reply
  23. waduh thanks ya atas commentnya, gak sempet balesin satu2 nih…hehe.

    Reply
  24. rahmadisrijanto

    hei,
    salam kenal yach bu…
    klo ada waktu nongkrong di :
    http://rahmadisrijanto.wordpress.com
    dtunggu bu :)

    Reply
  25. apakah ada nama yang lain

    Reply
  26. wooooy masa pahlawan susi susanti

    Reply
  27. bagus jg ! tp aq rasa Soeharto ga pantes deh disansdirin sm tokoh yg lain, kyk Ir.Soekarno n M. Hatta….Cz dy kan koruptor sejati…. ada tokoh pergerakan nasional yang lain ga ?

    Reply
  28. soeharto memang ada kurangnya, tapi jasanya yang membuat Indonesia sempat makmur dan dipandang oleh dunia juga gak bisa dilihat sebelah mata.

    Reply
  29. gw setuju bgt pak harto ada di atas,cos jasa’x bsr bgt bg indonesia.jaman dlu indonesia jadi macn asia tapi skrng d pandang sebelah mata uuugghh

    Reply
  30. Farriza septiarani

    KARTINI MANAAAA? Huhu. Menurut gw mnding lo bkin 10org tu tiap bidang msg2. Msalnya dlm bidang entertain syp… Keep posting gan!

    Reply
  31. Pingback: Hari ini : 101 Tahun Kebangkitan Nasional dan 10 Tokoh Kebangkitan Nasional « dream indonesia

  32. Postingannya bagus, bagus, bagus sekali nih dear mbak Aya. Dengan tulisan inspiratif ini mudah-mudahan banyak orang bisa belajar dari tokoh-tokoh besar indonesia itu. Semoga pada waktunya nanti inspirasi besar ini akhirnya akan terakumulasi kembali dan kebangkitan Indonesia akan terjadi lagi. tetap semangat, tetap optimis.

    btw, kalo kamu beruntung banget, kamu harus nemuin sebuah buku ajaib berjudul, Kartini : Biografi, karangan Sitisoemandari Soeroto. banyak pakar sejarah sekarang percaya bahwa kebangkitan indonesia dimulai dari Kartini, anak jenius yang waktu itu umurnya baru 20 tahun. salam El.

    Reply
  33. diktator seperti sieharto tidak pantas menjadi tokoh kebangkitan nasional
    1. sebelum ia berkuasa 50.OOO orang mati ditangan abri karena dituduh PKI
    2. Ketika berkuasa memjadikan negara sebagai sarana untuk berbisnis
    3. setelah berkuasa tak kunjung di usut kasus hukumnya

    Reply
  34. Mbak aku gak setuju ama SOEHARTO…. Emang juga sih Beliau bisa jadiin kemajuan bangsa kayak sekarang ne. Tapi mbak musti nyadar kalau selama ini Beliau juga melakukan manipulasi sejarah sebagai strategi pengekalan kekuasaan. Nah apa mbak setuju dan tetep ngeyel masukin orang yang dah nipu kita habis2an selama 30 tahun lebih. Satu bukti aja ya mbak… “kenapa film G-30 S / PKI yang pada jaman Soeharto menjadi tayangan wajib tgl 30 Sept. (sampai saya yang baru kelas 3 SD aja disuruh nonton di Balai Desa Kampung padahal kan film itu penuh kekerasan alias untuk 17 th keatas) setelah reformasi justru dilarang ditayangkan ????? Cari jawabnya ya Mbak, lok gak ketemu kita bisa share ke E-Mailku… hehehe

    Reply
  35. Tokoh lainya setelah soeharto masih dalam kajian… Amin Rais aku kira gak layak juga. Mahasiswa yang bersimbah darah dia yang nikmatin gaji gede sebagai ketua MPR…. (walah) !

    Reply
  36. Pingback: pink_key

  37. bagus . . . . . . . . . bagus . . . . . . . .

    Reply
  38. Saya rasa Amien Rais,BJ Habibie,or Susi Susanti tidak masuk dalam 10 besar itu?….!!……??

    Reply
  39. andi suprianto

    mengingatkan masa lalu tentang sejarah…bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah,,,,,

    Reply
  40. lukman hakim

    sebenarnya Tan Malaka itu termasuk tokoh kebangkitan nasianol tidak sih?

    Reply
  41. Kharizma Nurul A.

    eMnG’a Iy Ya?????

    SUsI SuSaNtI TKoH KEbNgKtAn nSiOnAL ???????

    Hmmm……. bRu tAu…. AwA…!!!!!

    Reply
  42. saya menyukai dengan adanya seperti ini supaya kita tidak susah lagi untuk mencari tentang sejara sejara yang ada di Indonesia ini……
    Terima kasih kepada yang membuat website ini…..
    WASSALAM…..

    Reply
  43. kita hrs menghormati semua pahlawan karna sudah memerdekakan indonesia,
    indonesia terus berjuang klu gx berjuang kita mudah di jajah lg sm negara lain .

    indonesia terus berjuang dan para koruptor hrs d hapus qn

    Reply
  44. ihdina sabilal haq

    ini dia yg ku cari dari tdi

    Reply
  45. walaupu ini bkn yg gue cari,
    tapi kita juga harus menghormati 10 tokoh nasional ini ,
    karena kalau tidak ada pra tokoh ini mungkin kita tidak merdeka

    Reply
  46. tokoh nasional kita emang siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip deh :) 2 jempol

    Reply
  47. coba kalau tokoh nasional kita masih hidup mukin q bisa ketemu beliau :(

    Reply
  48. bgus artikelx sangat membantu bgi ank skol yg dpett tgs

    Reply
  49. Kok Pahlawan ad susi susanti?

    Reply
  50. benitobanjarnahor

    okey… Mantap

    Reply
  51. kok susi susanti ikut ya????

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: